PT Semen Padang Undang Wartawan Buka Puasa Bersama

BIJAK ONLINE (Padang) –PT Semen Padang sengaja mengundang wartawan dari berbagai media untuk berbuka puasa bersama di Wisma Indarung, Kota Padang, Rabu, 30 Mei 2018.

 

“Buka puasa sudah merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan setiap tahun, yang tujuannya untuk mempererat hubungan silaturrahmi,”kata Direktur Keuangan PT Semen Padang, Hartono Rianto.

 

Menurut Hartono Rianto, kinerja PT Semen Padang ditahun 2017, kalau dilihat kinerja dalam volume dari produksi  maupun penjualan dan Ahamdulillah semuanya meningkat. “Produksi semen dilihat angka dari tahun 2016 sekitar 6,5 juta ton dan di tahun 2017 meningkat menjadi 7,4 juta ton atau naik 15 persen.Kenapa kami bisa meningkatkan produksi? Karena di tahun 2017 sudah komersial per satu agustus 2017, sehingga kapasitas produksi kami sudah meningkat dari 7,4 juta ton menjadi 8,9 juta ton,” ujarnya.

 

Kemudian Hartono Rianto juga menyampaikan untuk penjualan juga cukup meningkat tajam dari total penjualan 2016 yaitu 6,98 juta ton dan di tahun 2017 yaitu 7,7 juta ton artinya meningkat 10 persen. “Untuk kinerja keuangan di tahun 2017 seluruh industri semen turun kurang lebih 50-55 persen, dan ini menjadi perhatian kita semua,” ujarnya lagi.

 

Selain itu, Komensaris PT. Semen Padang Khairul Jasmi menyampaikan tahun lalu telah dibangun infrastruktur, tapi semen berlebih yaitu 35 juta ton, penyebabnya karena pemerintah membuka pabrik semen asing.”Kini telah dibuka juga inpor klinker dan semen, klinker yang artinya bahan setengah jadi yang di buka oleh pemerintah menteri perdagangan,” katanya.

 

Khairul Jasmi juga menyampaikan mengenai tim T Semen Padang yang selama ini agak berjarak dengan pemerintah Sumatera Barat. “Kami sudah minta ke pak gubernur bahwa orang-orang hebat di semen padang dilibatkan didalam membuat perencanaan pembangunan Sumatera Barat dan di tahun 2019 harus dimulai,” ujar Khairul Jasmi sembari menambahkan dan begitu sebaliknya masukan dari Pemerintan Provinsi Sumatera Barat ke Semen Padang juga dimulai kerjasama yang baik.

 

Acara berbuka bersama tersebut juga dihadiri, Ketua PWI Sumbar, Ketua SMSI Sumbar, Yal Aziz berserta bendahara, Surya, mantan komensaris Semen Padang, Basril basyar, kepala TVRI yang baru, dan beberapa pimred media online maupun cetak, serta wartawan sonior. (fardi)