Lanefi: Pelaksanaan Diklat Pra-Jabatan untuk Memperluas Wawasan Kebangsaan

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)– Asisten III Setdako Pariaman, Lanefi, mengatakan Pelaksanaan Diklat Pra Jabatan, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasan kebangsaan, integritas dan etika Aparatur Sipil Negara (ASN), didasarkan pada nilai-nilai dasar profesi sebagai ASN, agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat dalam mewujudkan pemerintahan  yang baik (Good Governance).
Hal itu disaampaikan Lanefi, pada acara penutupan Diklat Pra Jabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II, dari Pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan RI Angkatan I, di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman Tahun 2018, di Aula BP Paud & Dikmas Provinsi Sumatera Barat (ex SKB Rawang), Selasa sore (20/3/2018).
Dikatakan, Semoga dengan pembekalan yang diperoleh dalam pendidikan dan pelatihan ini, dapat memberikan wawasan dan cakrawala berpikir yang baru, bagi saudara-saudara sekalian dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi di kemudian hari. 
Kepada para peserta yang dinyatakan lulus, saya ucapkan selamat, ini adalah langkah awal untuk menuju menjadi ASN Pemko Pariaman.
“Lulus dari Diklat Pra Jabatan ini, adalah salah satu syarat, dan masih ada syarat lainya yang harus anda ikuti untuk menjadi apa yang saudari-saudari cita-citakan, yaitu menjadi ASN 100%,” tutupnya.
Dalam sambutan Sekretaris BPSDM Provinsi Sumatera Barat, Hafizurrahman mengatakan agar para CPNS yang telah dinyatakan lulus Diklat Pra jabatan ini, untuk meningkatkan kompetensinya, dan dapat menjadi ASN yang bertanggung jawab.
“Tugas dari ASN adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, ikhlas berkorban dan menerima hak seseuai dengan tupoksi kita masing-masing,” tuturnya.
Setelah menjadi ASN nantinya, CPNS yang telah lulus Diklat ini, harus menjaga sikap dan perilaku, jangan sampai terjun kedunia politik praktis, apalagi tahun 2018 ini adalah tahunya politik,” tutupnya.
Kepala BKPSDM Kota Pariaman Irma Darwani menyebutkan, dari 40 peserta Diklat pra jabatan yang berasal dari Pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan RI (Bidan Desa), seluruh peserta dinyatakan Lulus 100%.
“Pada Diklat yang dilaksanakan seminggu ini, diadakan 4 mata Diklat yaitu : Wawasan kebangsaan dalam kerangka Negara Kesatuan  Republik Indonesia, Percepatan Pemberantasan Korupsi, Manajemen Aparatur Sipil Negara dan Pola Pikir Aparatur Sipil Negara sebagai pelayan masyarakat dan juga muatan lokal yang disediakan oleh panitia,” ulasnya menjelaskan.
Berdasarkan evaluasi akhir dengan memperhatikan evaluasi terhadap keseluruhan mata diklat dan catatan penyelenggara, dari 40 peserta yang dinyatakan lulus, ada  5 peserta terbaik Diklat Pra Jabatan CPNS Golongan II, Angkatan I tahun 2018 di Lingkup Pemko Pariaman.
“Terbaik 1 diraih oleh Mutia Tri Nanda dari Poskesdes palak aneh, Terbaik 2 Lisa Fitri Junita dari Poskesdes Cubadak Mentawai, Terbaik 3 Lasmiarti dari Poskesdes sikapak Barat, Terbaik 4 Raudha  Tuljannah dari Poskesedes Tungkal Utara dan Terbaik 5 Pepi Ledyana dari Poskesedes Balaikuraitaji,” ungkapnya mengakhiri. (j/amir)