Kemenag Padang Pariaman Sosialisasikan Pendataan Emis Online

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)—Untuk mengevaluasi keakuratan data lembaga pendidikan serta upaya peningkatan mutu proses belajar mengajar pada lembaga pendidikan keagamaan, seperti di Pondok Pesantren, Madin/MDTA dan TPQ/TPSQ maka kegiatan sosialisasi Pendataan Emis Online perlu dilaksanakan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD & Pontren) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Padang Pariaman, Irsyad, S.Ag ketika menyampaikan sambutan pada pembukaan secara resmi sosialisasi pendataan Emis Online lembaga keagamaan tingkat Kabupaten Padangpariaman, Selasa (20/3/2018) di Aula FKUB Padangpariaman,

Sosialisasi tersebut mengambil tema “Kita Wujudkan Data Emis yang Valid menuju Data Online” dan diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari Penyuluh Agama Honorer, Operator Emis Pondok Pesantren, Operator MDTS. Operator TPQ dan perwakilan Kankemenag dengan nara sumber Kasi Sisfo Bidang Pakis Kanwil Kemenag Sumbar, DR. Muslimah dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padangpariaman, DR. H. Helmi, M.Ag. 

Menurut Irsyad, selain itu, sosialisasi tersebut juga bertujuan untuk melatih dan memberikan wawasan luas kepada personal di lapangan dalam rangka entri data Emis tahun 2018 yang berbasiskan online.

“Kalau kita bicara Emis berarti kita bicara data. Kalau kita bicara data tentu tak terlepas dari pengolahanya. Terbentuknya sebuah sistim, tergantung pada kualitas SDM-nya,” terangnya.
Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padangpariaman, yang diwakili Kasubbag TU, H. Syafrizal, S.Ag. (mw/amir)