Si Jago Merah Lalap 2 Rumah dan 1 Conter Handpone di Bukik Putus Padang Selatan

BIJAK ONLINE (Padang)—-Dua rumah dan satu conter handpone seluler terbakar karena dilalap si”jago” merah, di Bukik Putus RT 1 RW 2 Kelurahan Rawang Barat, Kecamatan Selatan, Selasa, 13 Maret, 2018.
Dua rumah yang terbakar terjadi sekitar pukul 20.15 WIB dan rumah yang terbakar  atas nama Zalinar, (59)  dan Emi (50) pekerjaan pedagang. Sedangkan conter yang terbakar milik Rini (32).
“Api baru bisa dijinakan dan dipadamkan sekitar satu jam setelag kejadian,” kata petugas  pemadam kebakaran, Basril ketika diminta keterangannya.
Menurutnya, mobil pemadam kebaram yang ada di Pos Padang Selatan memang menemui kesulitan juga karena rapatnya rumah penduduk. “Langkah pertama yang dilakukan memblok atau megalisir sehingga tidak meluas ke tempat yang lain,” ujar Basril.
Untuk memadan kobaran api, kata Basril,  ada  6 armada ditambah 1 pelindo, sehingga tujuh unit yang berkerja memadamkan kobaran api. “Akhirnya kebakarang dapat di atasi tanpa korban jiwa dan kerugian lebih kurang sekitar 150 juta untuk sementara,” ujar Basril sembari menambahkan diduga sementara karena disekelilingnya listrik masih hidup, indikasinya arus pendek, jadi kalau lampunya mati disekitaran berarti tidak arus pendek.
Selain itu, personel TNI-AL, Abdul Munthalib menyampaikan, peristiwa kebakaran terjadi  sekitar pukul 20.15, saat melakukan patroli rutin. “Saya dari arah teluk bayur, dan melihat keramaian masa dan ternyata ada kobaran api, kemudian masyarakat yang mencoba meminta tolong kepada kami untuk menelpon pemadam kebakaran, langsung kami telepon,” katanya.
Untuk mengatasi kemaetan, dirinya dengan sesama anggota patroli membantu mengatasi kemacacetan dengan ,engatur arus lalu lintas disekitar lokasi. “Kebakaran bisa dihentikan berkat kesiagaan mobil pemadam kebaran yang datang kemudian,” ujarnya. (Fardianto)