Kodim 0311 Pesisir Selatan Laksanakan Pelatihan Wawasan Kebangsaan

BIJAK ONLINE (Padang)—Komando Disrik Meliter (Kodim) 0311 Pesisir Selatan, melaksanakan kegiatan  pelatihan wawasan kebangsaan dan out bound, yang diikuti sekitar 50 pelajar, di SMA N 1 Sutera, Selasa, 20 Februari 2018.
“Kini bisa dikatakan kesadaran generasi muda dalam bernegara semangkin menipis,” kata Serma Nofrizal dari Koramil 04 Lenggayang, Kabupaten Pesisir Selatan.
Menurut Nofrizal, kegiatan pelatihan wawasan kebangsaan dan Outbond ini di isi dengan materi proxy war dan latihan baris berbaris, serta permainan outbond. “Tujuannya agar kecintaan generasi muda terhadap negara kian membara,” katanya.
Kemudian, kata Serma Nofrizal, ada beberapa hal yang terkait ancaman proxy war, seperti menggedornya kesadaran bela negara dan rasa cinta tanah air. “Kini tanpa kita sadari, ada beberapa  hal yang merusak mental generasi muda yang tanpa disadari telah menyusup melalui media informasi dan kecanggihan tekhnologi,” katanya.
Lebih lanjut Babinsa 04/Lengayang Serma Nofrizal menambahkan,  tujuan dilaksanakan sosialisasi dan pembekalan tentang proxy war. Kenapa? Karena  adalah Proxy War tidak mudah mengenali siapa kawan siapa lawan, karena dalam proxy war, musuh mengendalikan non state actor dari jauh. “Oleh karena itu, generasi muda perlu jeli mengenali terjadinya perang proxy di Indonesia,” katanya sembari menambahkan, Indikasi adanya proxy war diantaranya gerakan separatis, demonstrasi massa dan bentrok antar kelompok (Penrem 032/Wirabraja).