Helmi Raih Gelar Doktor Pendidikan Islam di Pasca UIN Imam Bonjol

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Suami Nazifah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kota Pariaman, Helmi, raih gelar Doktor Pendidikan Islam (S3) di Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Kamis (15/2/2018).
Helmi  yang  menjabat Kepala Kementerian Agama Padang Pariaman, mungkin satu-satunya di Sumatera Barat Kakan Kemenag yang menyandang gelar Doktor (S3). Nazifah tampak bahagia dengan berhasilnya suami tercinta gelar Doktor.  
Kepada wartawan Helmi mengatakan, dengan didapatnya gelar Doktor sudah diimpikannya ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan lebih dalam membina dan menerapkan ilmu didapatnya untuk memimpin di institusi yang dipimpinya.
“Alhamdulillah, akhirnya kerja keras dan atas dukungan keluarga isteri dan anak-anak serta belajar membuahkan hasil, dan ini menjadi ujian dan sebuah amanah, dimana untuk Kakan Kemenag di Sumbar, baru saya meraih gelar Doktor,” ujarnya.
Kepala Kamenag Padang Pariaman ini,  menyelesaikan kuliahnya untuk  mendapat gelar Doktor ditempuh selama lebih kurang 4 tahun, tercepat di angkatannya masuk dalam Program Pasca Sarjana Doktor Pendidikan Islam tercatat di UIN Imam Bonjol Padang.
Dalam penyampaian Disertasi Ujian Promosi Doktor nya, dihadapan para penguji, Helmi memaparkan tentang disertasinya berjudul  “Pengembangan Model Pengelolaan Pendidikan Islam Berorientasi iLife Skill di Pondok Pesantren Darul Ikhlas Pakandangan Kabupaten Padang Pariaman”.
Dalam Disertasinya di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ikhlas Pakandangan, telah banyak melahirkan santri tidak hanya selesai belajar agama saja, tetapi juga memiliki kecakapan hidup (iLife Skill), dapat menjadi pemasukan ekonomi diri dan keluarganya.
“Para santri tersebut, diajarkan berbagai jenis ketrampilan, paling dominan dan telah diakui penduduk setempat, santri Ponpes Darul Ikhlas Pekandangan banyak melahirkan tukang Bangunan yang handal, Petani yang sukses, Teknisi bengkel yang baik, dan keterampilan lainya, yang bermanfaat bagi mereka selain pelajaran agama yang didapat di Pondok,” jelasnya.
Para penguji yang terdiri dari Ketua, Dr. Eka Putra Wirman, Lc, M.A (Rektor UIN IB Padang), Sekretaris, Prof. Dr. Awis Karni, M.Ag, Penguji  1, Prof. Dr. Kasman Rukun, M.Pd, Penguji 2, Prof. Dr. Asnawir, Penguji 3, Prof. Dr. Zulmurqim, M.A, Penguji 4, Prof. Dr. Syafrudin Nurdin, M.Pd, dan Penguji 5, Prof. Dr. Duski Samad, M.Ag, memberikan nilai atas disertasi Helmi, dengan nilai 85, 43 (A-) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,51, dengan predikat sangat memuaskan (Cum Laude).
Helmi tercatat dengan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) UIN IB Padang Program Pasca Sarjana 88314248 ini, lulusan pertama di angkatannya, dan lulusan ke 88 program Doktor Pasca Sarjana UIN IB Padang, ulas Ketua tim penguji yang juga Rektor UIN IB Padang, Eka Putra Wirman ini.
“Kami sangat bangga, di tengah kesibukannya sebagai Kakan Kemenag Kabupaten Padang Pariaman, masih sempat meluangkan waktu dan belajar dengan giat, sehingga pencapaian gelar Doktor beliau ini, dapat dicapai selama kurang dari 4 tahun, dan Helmi adalah tercepat diangkatannya, dan lulus dengan predikat Cum Laude,” ungkapnya.
Eka Putra Wirman berharap, ilmu yang didapat selama menjalani program pasca sarjana di Kampus UIN IB Padang yang dipimpinya ini, hendaknya dapat bermanfaat bagi banyak orang dan dapat diterapkan dalam keseharian.
“Jangan lupa untuk selalu menjaga nama baik almameter, sehingga dimanapun anda berada, selalu memberikan yang terbaik dan membawa nama harum almameter anda,” tutupnya mengakhiri. (j/amir)