Pemko Pariaman dan Pemkab Padang Pariaman MoU Singkronisasi Pembangunan

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Pemerintah Kota Pariaman dan Pemerintah Kabupaten  Padang Pariaman,  MoU tentang Sinkronisasi Pembangunan di Aula Balai Kota Pariaman, Kamis (15/2/2018). MoU itu ditaandatangani, Wali Kota Pariamam Mukhlis Rahman, MM dan Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, SE, MM.
Mukhlis Rahman, mengatakan antara Kota Pariaman dengan  Kabupaten Padang-Pariaman saling bekerjasama di bidang pembangunan dalam dukungan saling memajukan dua daerah yang bertetangga ini.
“Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman merupakan satu culture dan kebudayan yang tak dapat dipisahkan, tetapi  karena  sekarang pemerintahannya sudah dua maka segala sesuatu,  harus kita bangun saling membutuhkan,” ungkapnya.
Menurt Mukhlis Rahman,  dengan adanya kesepakatan bersama terkait kebijakan dan program pembangunan dan pengembangan di wilayah terutaman daerah perbatasan yakni antara pemerintah kota Pariaman dengan pemerintah kabupaten Padang-Pariaman dapat terwujud dan terlaksana dengan baik.
Adapun  pembangunan dan pengembangan infrastruktur skala Regional dan pembangunan di wilayah perbatasan antara Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, antara lain,  Penegasan batas Administrasi wilayah perbatasan. Kemudian  pembangunan dan pengelolaan Tempat Pemprosesan Akhir Sampah(TPAS) Regional.
Disamping itu, Pembangunan dan Pengelolaan instalasi Pengolahan lumpur tinja (IPLT) Regional. Seterusnya,  Penyediaan sumber air baku/minum dan pengelolaan intalasi Air Minum Regional. Berikutnya, Pembangunan infrastruktur di wilayah DAS berbatasan, Pengelolaan sumber daya di wilayah DAS berbatasan.
Setelah itu, Pengelolaan modal transportasi darat dan laut di wilayah berbatasan. Pembangunan pengembangan dan pengelolaan sektor pariwisata. Terakhir, pembangunan dibidang ekonomi dan penanganan inflasi daerah.
Sementara itu, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyambut baik adanya semacam jalinan kerjasama ini, sehingga untuk pembangunan Kabupaten Padang Pariaman dan jalinan kerjasama dengan Kota Pariaman sudah dibicarakan dan di sosialisasikan dengan stakeholder baik camat maupun Wali Nagari dan menyambut baik terhadap kerjasama tersebut sehingga bisa terealisasi dengan baik.
Suhatri Bur, berharap, dengan terjalinnya kerjasama ini, baik itu Pemko Pariaman atau Pemkab Padang-Pariaman bisa saling mempromosikan sektor andalan di daerah yang bertetangga ini, terutama promosi bidang kepariwisataan.
Acara tersebut dihadiri Kepala OPD Pemko Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, Camat se-Kota Pariaman, Kepala Desa se-Kota Pariaman serta Wali Nagari Perbatasan dua daerah tersebut dengan pelaksana acara melalui BAPPEDA Kota dan Kab. Padang Pariaman.[rika/amir]