Wako Riza Falepi Buka Lomba Mancing Mania

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Lomba Mancing Mania sekaligus Panen Raya Ikan Larangan di Batang Sikali kelurahan Padang Karambie kecamatan Payakumbuh Selatan dibuka secara resmi Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Sabtu (27/1).

Pembukaan Lomba Mancing Mania ini ditandai dengan pengguntingan pita disaksikan Ketua DPRD Kota Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam. Camat Payakumbuh Selatan, Bhabinsa TNI AD,  Bhabin Kamtibmas Polres kota Payakumbuh, tokoh masyarakat serta seluruh anggota Karang Taruna kelurahan Padang Karambia.

Dalam sambutannya Wako Riza Falepi sangat mengapresiasi masyarakat kelurahan Padang Karambia untuk usaha kreatif  peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Wako memberikan gambaran peluang usaha perikanan dimana kebutuhan ikan di daerah luar sangat tinggi dengan pengolahan modern dan terpadu maka bukan tidak mungkin daerah kita bisa menjadi produsen ikan air tawar berkualitas internasional.

“Saya siap membantu menfasilitasi  kelompok masyarakat yang berminat untuk berusaha dalam membuka peluang usaha mandiri serta mengembangkan potensi daerah melalui dinas terkait. Contohnya pengelolaan ikan larangan ini. Sehingga   masyarakat bisa membuat usaha positif yang produktif, dengan kebersamaan mencari peluang  untuk mencapai tujuan kesejahteraan ekonomi masyarakat bisa diwujudkan, “ujar Riza Falepi.

Sementara itu YB Dt. Parmato Alam mengatakan, acara ini digelar sebagai momentum mengangkat kemandirian pemuda dalam usaha meningkatkan taraf ekonomi.

“Saya harap kedepannya masyarakat dapat mengembangkan peluang usaha produktif. Apalagi akan dilakukannya program  normalisasi sungai Batang Sikali untuk tahun 2018”, ujar Permato Alam.

Menurut Afwad Ketua Pembina Karang Taruna Paker, mengungkapkan masyarakat Padang Karambia khususnya para pemuda sudah punya aset tenaga dan pemikiran untuk mengembangkan diri dengan usaha mandiri dalam bentuk usaha mikro ekonomi. Salah satunya pengelolaan ikan larangan di sungai Batang Sikali ini.

“Peresmian Mancing Mania ini sengaja kita laksanakan sehari sebelumnya, agar hari Minggu (28/1) ini para peserta dapat langsung memancing di areal yang sudah ditentukan,” ulas Afwad. (ada)