Bupati Irfendi Arbi Launching Literasi Sekolah di Kecamatan Mungka

BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)—Mendukung program pemerintah, menjadikan Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai Kabupaten Literasi, Bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi meresmikan Launching Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (SD) di SD 07 Mungka, Kecamatan Mungka, kemaren. 
Dalam acara tersebut turut hadir, anggota DPRD Lima Puluh Kota, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Indrawati Munir, Ketua Literasi Kabupaten Lima Puluh Kota, Hendra, Kepala Sekolah se Kecamatan Mungka, Majelis Guru, Unsur Forkopimda, Camat Mungka, Harman, Wali Nagari Mungka, Irfan Syaikani,  Kepala Jorong se Nagari Mungka,ratusan siswa SD 07 Mungka dan para tamu undangan lainnya.
Dalam laporan panitia, Arisman mengatakan Literasi yang dilaksanakan di Kecamatan Mungka tersebut merupakan peresmian literasi terakhir tingkat SD di Kabupaten Lima Puluh Kota. “Kegiatan di SD 07 Nagari Mungka ini, dihadiri oleh seluruh majelis guru se Kecamatan Mungka dan Launching Literasi ini merupakan lounching terakhir Literasi di tingkat Sekolah Dasar di kabupaten kita, “ujarnya.
Sementara itu, Bupati Irfendi Arbi mengapresiasi launching literasi sekolah ini, ia mengatakan program gerakan literasi sekolah ini merupakan program yang sangat positif  dari pemerintah melalui Kemendikbud yang bertujuan agar siswa memiliki budaya pembiasaan membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.
“Untuk mendukung program literasi ini kita perlu meningkatkan kesadaran agar membaca dan menulis itu kita jadikan keharusan dan merupakan sesuatu yang sangat penting, karena budaya literasi harus kita mulai dari diri kita sendiri” ujar Bupati.
Menurutnya, generasi muda yang merupakan penerus bangsa ini, harus lebih meningkatkan semangat membaca buku, karena dengan membaca inilah ilmu pengetahuan akan meningkat. Irfendi juga berharap program literasi ini jangan hanya menyentuh kalangan pendidik dan anak didik saja tapi harus dimasyarakatkan. 
“Literasi harus menyentuh masyarakat, sebab bisa saja masyarakat awam belum paham literasi. Jangan sampai ini hanya sampai pada tingkat sekolah tapi masyarakat juga, sehingga masyarakat juga memiliki budaya menulis dan membaca”,sambungnya. 
Selanjutnya bupati berharap dengan adanya literasi disekolah ini bukan hanya meningkatkan minat baca dan tulis saja melainkan dengan adanya gerakan ini dapat melahirkan generasi yang berprestasi di Kabupaten Lima Puluh Kota. “Semoga dengan adanya gerakan literasi ini, hendaknya dapat meningkatkan prestasi siswa dalam belajar,”ulasnya. 
Seusai memberikan sambutannya, Bupati dan seluruh Kepala Sekolah se Kecamatan Mungka menandatangani komitmen atas dukungannya terhadap gerakan literasi sekolah. (ada)