Ahmad Zuhdi Perama Putra Dipercaya Pimpin DPMD/N Lima Puluh Kota

BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)—Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari (DPMD/N) Kabupaten Lima Puluh Kota mempunyai tugas yang cukup berat. Apalagi dengan jumlah pemerintahan nagari yang mencapai 79 wali nagari serta dua nagari persiapan.
Demikian Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Lima puluh Kota H. Taufik Hidayat dalam arahannya pada acara serahterima jabatan Kepala DPMD/N setempat dari pejabat lama Usman, kepada pejabat yang baru Ahmad Zuhdi Perama Putra Jumat (19/1).
“Sesuai nama dinasnya yaitu pemberdayaan masyarakat, saya berharap DPMD/N ini betul-betul mampu membuat pemerintahan nagari di daerah ini menjadi hebat dan kuat. Agar setiap pekerjaan terlaksana dengan baik dan lancar, seluruh aparatur pada dinas ini harus sama-sama bekerja dan bekerjasama,”jelas Taufik.
Diakui Taufik, memang tidak mudah bagi DPMD/N di daerah ini mengurus seluruh nagari di daerahnya. Apalagi dengan kondisi keterbatasan personil dan peralatan uang dimiliki. Menyikapi ini, DPMD/N harus mampu merumuskan strategi yang jitu di bidang pemberdayaan masyarakat dan nagari.
“Kita berharap DPMD/N terus berinovasi atau menimbulkan ide-ide baru di bidang pemberdayaan masyarakat dan nagari. Agar setiap tugas terlaksana dengan baik, seluruh aparatur di dinas ini perlu menerapkan pituah orang Minang ringan sama dijinjing, berat sama dipikul,” tutur Taufik.
Masih dalam rangka efektifitas pemberdayaan masyarakat dan nagari, Taufik juga meminta DPMD/N melakukan pemetaan nagari sesuai tingkat kemajuannya, agar pembinaan nagari tidak berlangsung secara serampangan. Sebab, pembinaan nagari yang maju tentu berbeda dengan penanganan nagari yang belum maju.
“Karena tingkat kemajuan satu nagaru dengan nagari lainnya berbeda, tentunya pembinaan nagari itu juga tidak sama,” papar Taufik.
Dalam kesempatan itu Taufik juga mengingatkan DPMD/N bekerja sesuai mekanisme aturan berlaku agar tidak berbuntut hukum. Apalagi kini alokasi dana nagari sudah cukup besar dengan kisaran hingga Rp2 milyar. “Ini tatangan bagi pejabat yang baru,” ulas Taufik.
Sebelumnya Kepala DPMD/N Ahmad Zuhdi Perama Putra dalam penyampaiannya menyatakan siap melaksanakan tugas sesuai amanah yang diberikan pimpinan. Untuk sukses, ia berharap dukungan dan kerjasama dengan berbagai pihak terutama seluruh staf.
“Saya berharap dalam pelaksanaan tugas nantinya benar-benar didukung penuh seluruh pihak terutama unsur pimpinan dan para staf,” ucap Ahmad Zuhdi yang akrab disapa Pram.
Menurut Pram, pembangunan nagari tidak hanya berkutat pada bidang pembangunan fisik, namun yang lebih utama adalah membangun manusianya, perubahan pola fikir dan mentalitas ke arah yang lebih baik. Itu semua akan menjadikan suatu nagari yang maju.
Pada kesempatan itu juga di serahterimakan jabatan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dari pejabat yang lama Elfida kepada pejabat yang baru Epi Andri. (ada)