Irfendi Arbi : Satpam Memiliki Peran Penting Membantu Kepolisian

BIJAKL ONLINE (LIMAPULUH KOTA)—Peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpam), Bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi mengajak seluruh anggota Satuan Pengamanan di Kabupatennya, mewujudkan profesionalisme Satpam dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya.
Hal ini diungkapkan, Irfendi Arbi usai menghadiri upacara HUT Satpam di lapangan Mapolres Lima Puluh Kota, kemarin. Ikut hadir, Kapolres Lima Puluh Kota, AKBP Haris Hadis, Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. Solihin, Ketua DPRD, Saffarudin Dt Bandaro Rajo, kepala-kepala OPD, beserta undangan lainnya.
 “Selamat ulang tahun Satpam ke-37. Mudah-mudahan Satpam semakin percaya diri dan termotivasi untuk menjaga keamanan, minimal di lingkungan tempat kerjanya,”ujar Irfendi.
Dikatakan Irfendi, di hari peringatan Satpam ini menjadikan momentum agar Satpam terus meningkatkan profesianalisme dan integritas, kualitas dan kompetensi, untuk mendukung pelaksanaan tugas secara optimal. “Satpam harus terus meningkatkan perannya dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat,”tambahnya.
Menurutnya, Satpam memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan tugas kemanan untuk membantu kepolisian dalam memelihara stabilitas kemanan. Paling terpenting, Satpam harus mampu menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan di tengah-tengah masyarakat. 
“Kami berharap satpam menjadi garda terdepan dalam mencegah tindak pidana kejahatan, termasuk memberikan imbauan kepada masyarakat,”jelasnya.
Sebelumnya pada upacara HUT Satpam ke-37 yang dipimpin Kapolres Lima Puluh Kota, AKBP Kuswoto yang membacakan amanat Kapolri, Tito Karnavian juga mengatakan, satpam pada era sekarang ini harus bekerja secara profesional, dalam menjaga keamanan dan  ketertiban di lingkungan kerjanya. Satpam juga harus selalu bersinergi dengan instansi terkait seperti Polri dan TNI.
Setiap anggota Satpam yang diperkokoh melalui pembinaan dan pengawasan yang serius dan berkesinambungan, kita semakin percaya bahwa kemampuan teknis senantiasa terarah. 
“Satpam  memiliki peran penting untuk mendukung Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, salah satunya dengan membentuk satuan pengamanan yang bertugas melakukan tugas-tugas kepolisian preventif pada tempat tertentu dengan kewenangan kepolisian terbatas,” jelas Kapolres.
Usai upacara ini juga dilaksanakan berbagai rangkain kegiatan diantaranya pemberian penghargaan kepada sejumlah Satpam berprestasi dalam melaksanakan tugas. Selain itu, peringatan HUT Satpam tahun ini juga menampilkan berbagai atraksi drill tongkat dan borgol dari perwakilan Satpam di kabupaten Lima Puluh Kota. (ada)