Di Pasbar, Mawardi Hendro Walinagari Termuda yang Ramah dan Amanah

BIJAKONLINE.COM (Pasaman Barat)– Walinagari Desa Baru, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Mawardi Hendro,  yang juga walinagari termuda di Pasbar,  mampu menjawab berbagai keluhan masyarakatnya selama ini. Hal itu di buktikan dari berbagai  geliat pembangunan setiap kejorongan di nagari  tersebut, itu juga terbukti  banyaknya perubahan  di saat empat tahun kepemimpinannya.
Walinagari Desa Baru, Mawardi Hendro, pada Media Bijakonline.com beberapa waktu lalu, mengatakan, geliat pembagunan yang dirasakan masyarakat tersebut merupakan bukti keseriusannya dalam menjalankan amanah yang di percayakan masyarakat terhadapnya, apalagi jabatan tersebut merupakan hal yang akan di pertangggungjawabkan dunia dan akhirat.
Dikatakan, berbagai pembagunan yang di rasakan masyarakat juga merupakan usulan-usulan masyarakat, setiap tahunnya yang   di perioritaskan, pembangunannya, baik itu jalan usaha tani, jalan rabat beton, Pembangunan jalan baru, Pembangunan gorong-gorong, pembangunan gedung PAUD  dan  pemberdayaan masyarakat.
Usulan tersebut juga berdasarkan kesepakatan bersama melakukan Musyawarah Rencana pembangunan (Musrenbang) serta  memberdayakan masyarakat, Tokoh Masyarakat, Bundo kanduang, Bamus, LPMN, KAN, Perangkat Nagari dan dukungan ibu-ibu PKK, sehingga berbagai pembangunan tersebut murni dari masyarakat dan untuk kebutuhan masyarakat.
Pembangunan dari Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2017 diantaranya, pembangunan Gedung Polindes  dan   Peningkatan Jalan Pasar Selasa, di Jorong Mulyo Rejo, Peningkatan Jalan Pasar Minggu di Jorong Karang Rejo dan Pembangunan Jembatan Banjar Jaya, jorong Suko Rejo, sedangkan bidang Pemberdayaan di lakukan pelatihan bagi masyarakat kurang mampu.
Sedangkan Pembangunan Anggaran Dana Nagari (ADN) di tahun 2017 diantaranya, Pembangunan Gedung Pertemuan, Pembangunan pentas Terbuka dan Peningkatan Jalan di Jorong suko Rejo, selanjutnya Peningkatan Jalan PNPM tahun 2013, di Jorong Sidomulyo dan Karang Rejo, Peningkatan Jalan PPK sawahan di Jorong Sidomulyo dan pengadaan alat Mobiler TK dan PAUD.
Disamping itu, lanjut Mawardi Hendro,  Pembuatan 50 unit  jamban untuk nagari Desa Baru, Bantuan Pembuatan Rumah bantuan Untuk RTLH untuk 10 unit,  bantuan pasangan Listrik Untuk Rumah Tangga Sederhana 25 unit  dan Bantuan bahan Material bidang Keagamaan.
Selain itu, meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM) dan wajib belajar 12 tahun, wilayahnya membutuhkan pendidikan tingkat SMA di wilayah itu, “Alhamdulillah ini juga sudah terjawab, insyaalalh di bulan Maret akan dilakukan pembangunannya,” kata Hendro.
Ia berharap agar Pemerintah Pusat,  Provinsi dan daerah terus dapat melirik berbagai potensi yang ada di wilayah kerjanya, agar harapannya terus memajukan Nagari Desa Baru dapat tercapai dan berbuah mandenganngan harapan seluruh masyarakatnya dapat hudup makmur dan sejahtera.
“Mewakili masyarakat, kita juga mengucapkan terimakasih terhadap pemerintah, Baik Pusat, Provinsi dan daerah, karena berkat dukungan mereka dan kekompakan masyarakat, sehingga berbagai kebutuhan pembangunan di wilayah kita ini dapat tercapai dan di rasakan masyarakat. Kita, ini terus berkesinambungan nantinya,” ungkapnya. (Arafat)