Puluhan Wali Nagari Sandarkan Harapan Kepada Bupati Irfendi Arbi

BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)—Sudah lama terniat, baru terwujud, diawal Desember 2017. Pejabat terendah dikabupaten Lima Puluh Kota bersilaturahmi, serta berdiskusi langsung bersama bupati mebahas pengelolaan dana desa dan menyampaikan beberapa harapan kepada bupati.
Niat para wali nagari, untuk menyandarkan harapan kepada Bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi itu, diterima bupati Irfendi Arbi dengan senang hati. Kedatangan wali nagari itu di wakili k etua Perwanaliko dan puluhan walinagari di ruang pertemuan Dinas Kesehatan, ex-kantor Bupati Lama, Selasa (5/12) pagi.
Dari kunjungan puluhan Wali Nagari yang datang bersilaturahmi tersebut tampak hadir, ketua Perwanaliko, Irmaizar Dt Rajo Bandaro, Ptl Kadis Pemberdayaan masyarakat desa/nagari, Usman, Wali Nagari Tanjung Gadang,  Rilson dt Manggung, Wali Nagari Koto alam, H.Malik, Wali Nagari Solok Bio-Bio, Andri Helmiadi, Wali Nagari Sitanang, Fanis Wandri, Wali Nagari Duriang gadang, Nanda, Wali Nagari Balai Panjang, Wali Nagari Mungka, Wali Nagari Labuah Gunuang dan sejumlah Camat.
“Kami sebenarnya sudah sejak lama ingin bertatap muka langsung dengan bupati, selain untuk bersilaturahim kami juga ingin berdiskusi bersama bupati terkait permasalahan yang ada di nagari,”ujar Rilson.
Dikesempatan itu para Wali Nagari mengharapkan kepada Bupati untuk menaikan gaji bamus dan meningkatkan pelatihan-pelatihan kepada Wali Nagari serta perangkat nagari.
Sementara itu, Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi mengingatkan kepada Wali Nagari untuk selalu bekerja sesuai aturan dan berhati-hati dalam melaksanakan amanah serta bertanggung jawab dalam menggunakan dana desa yang ada ditiap nagari.
“Prosedur penggunaan anggaran pemerintah harus dipahami dan ditaati oleh Wali Nagari guna menghindari penyalahgunaan anggaran. Jangan nanti karena kesalahan administrasi atau permasalahan lainnya, Wali Nagari akan berurusan dengan penegak hukum dan kita tidak menginginkan hal itu terjadi, ” tegas bupati.
Dalam kesempatan itu Bupati juga mengingatkan kepada pemerintah nagari untuk menuntaskan segala kegiatan dan seluruh pertanggungjawaban ditahun 2017. “Saat ini kita telah memasuki penghujung tahun, dan kepada seluruh perangkat nagari, saya meminta untuk menyelesaikan seluruh pertanggungjawaban yang ada pada tahun ini, “harap bupati.
Selanjutnya, dikesempatan itu Bupati tak lupa memuji dan mengapresiasi kinerja Wali Nagari yang selama ini sudah berjalan dengan baik dalam menjalankan roda pemerintahan.
“Berbagai prestasi yang kita raih selama ini, berkat kerja keras seluruh warga kabupaten Lima Puluh Kota dan juga tidak terlepas dari peran dan kinerja seluruh Wali Nagari kita,”ujarnya.
Terakhir Bupati mengatakan perlunya diadakan silaturahmi ini, sehingga para walinagari lebih sering melakukan koordinasi pemerintah kabupaten dalam menjalankan roda pemerintahan.
“Selain untuk membahas permasalahan-permasalahan yang ada di nagari, pertemuan ini juga berfungsi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam membangun Kabupaten Lima Puluh Kota kearah yg lebih baik lagi, serta menjaga kondisi yang kondusif di daerah kita,”jelasnya. (ada)