Wawako Pariaman Buka Pelatihan Satuan Pamong Praja Pelajar

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)–Wakil Wali Kota Kota Pariaman Genius Umar membuka pelatihan Satuan Pamong Praja Pelajar (SATPOLJAR) di Hotel Safari In , Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Jumat (24/11/2017).. 
Genius menjelaskan kegiatan ini sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 32 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, SATPOL-PP merupakan perpanjangan tangan Kepala Daerah dan Garda Terdepan dari Perangkat Daerah dipercaya untuk penegakkan peraturan daerah dalam menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.
“Untuk mewujudkan hal tersebut SATPOL PP dituntut bertindak tepat, cepat dan tegas dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. Karena itu diperlukan upaya peningkatan kapasitas SDM personil baik dari segi manajerial, administrasi dan tindakan dilapangan,” sambung Genius. 
Menurut Genius  seiring dengan itu kegiatan ini juga terkait dengan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 tentang SATPOL PP wajib mengikuti pendidikan dan latihan teknis dan fungsional Polisi Pamong Praja, yang diatur dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 31 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah. 
Genius Umar mengharapkan kepada peserta agar kegiatan ini mampu membangun sebuah persepsi yang sama tentang perlunya kesamaan visi dan tujuan Pelatihan satuan pamong praja pelajar (SATPOLJAR) Se-Kota Pariaman. 
Disamping itu semoga kegiatan ini juga mampu menjadi stimulan bagi peningkatan kapasitas dan pengetahuan dalam melakukan penegakan Perda, Penyelenggaraan ketertiban umum dan Ketentraman masyarakat dan Perlindungan Mayarakat. 
Lebih jauh Genius Umar harapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi terobosan untuk meningkatkan kompentensi agar dalam pelaksanaan tugas senantiasa sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku, serta meningkatkan rasa kepedulian masyarakat (pelajar) terhadap krisis sosial kemasyarakatan atas dampak kenakalan remaja (PEKAT).
Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta dari perwakilan siswa-siswi SMA/SMK yang ada di Kota Pariaman, kegiatan ini berlangsung dalam 3 hari mulai tanggal 24 s/d 26 November 2017 dengan narasumber Kapolres Pariaman AKBP. Bagus S. Oktobrianto dan Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kota Pariaman Handrizal Fitri.[Merita/amir)