Sukses Finis Etape 4 TdS, Disparpora Payakumbuh Bakal Datangkan Artis Ibukota Citra Scholastica

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Sukses finis etape 4 Tour De Singkarak (TdS) di Payakumbuh, Senin (20/11). Kini, dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) kota Payakumbuh, kembali menggelar ivent nasional dengan menghadirkan artis Ibukota jebolan Indonesian Idol Citra Scholastica.
Kadis Parpora Payakumbuh Efriza Zaharman kepada sejumlah wartawan di Payakumbuh, Rabu (22/11), mengatakan, iven besar yang akan kita angkat di Sumatera Barat adalah Payakumbuh Botuang Festival (PBF) 2017 dengan menghadirkan artis terkenal Citra Scholastica.
Pada saat ini turut hadir Kepala Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat H. Muasri, Kepala Dinas Kebudayaan diwakili Kabid Seni dan Budaya Yanti, beserta rombongan, Ketua STT Payakumbuh, Astuti Masdar, Dosen ISI Padang Panjang, Yusril, ketua Koni Kota Payakumbuh Yusra Maiza, dan seluruh panitia PBF.
Untuk mensukseskan kegiatan ini, kita selalu mengadakan rapat evaluasi dan persiapan. Tujuannya memantapkan persiapan pelaksanaan PBF. “Kita berharap PBF ini bisa menjadi iven besar Sumatera Barat dan berharap mendunia,” harap Kadispora.
“Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Walikota Payakumbuh. Dengan harapan dapat mempromosikan pariwisata di kota Payakumbuh ke mata dunia, dan pada tahun 2018 akan kita anggarkan lagiuntuk kegiatan ini. Suksesnya kegiatan ini adalah Sukses Payakumbuh dan suksesnya Sumatera Barat, “ulas Cece nama akrap Elfriza Zaharman.
Kepala Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat Muasri menyampaikan, secara teknis kita percayakan kepada pelaku seni di Payakumbuh, kami serius dalam pelaksanaan ini, “untuk masalah keuangan kami menjamin sepenuhnya dana kita kucurkan tepat waktu,” terang Muasri.
Acara ini tinggal beberapa hari lagi namun secara administrasi telah kami siapkan, seperti SK dan undangan serta biaya rapat-rapat yang telah di laksanakan. “Ucapan terima kasih Provinsi Sumatera Barat kepada Payakumbuh yang serius melaksanakan kegiatan ini, untuk tahun depan apakah kegiatan ini lanjut atau terhenti, tergantung pada hasil pelaksanaan kegiatan ini nantinya,” ungkap Muasri. 
Sementara itu Kasi Pelestarian Adat Budaya dan Cagar Budaya Disparpora Abdallah Razik Rahman, salah satu tim kreatif Payakumbuh Botuang Festival ini, mengatakan, pelaksanaan Payakumbuh Botuang Festival Tanggal 26 November sampai 2 Desember 2017. Festival Kuliner tanggal 26 November 2017 di Ngalau Indah Pukul 07.00-11.00 wib.
“Kemudian, masih banyak kegiatan yang menarik digelar di Payakumbuh, seperti Street di kawasan Gor M. Yamin Kubu Gadang tanggal 27 November 2017 pukul 15.00-18.00 wib Payakumbuh Festival di Jembatan Ratapan Ibu tanggal 28 November 2017 pukul 19.00 – 23.00 wib Panorama Ampangan tanggal 01-02 Desember 2017, “papar Abdallah Razik Rahman. (ada)