Nagari Koto Dalam Kecamatan Padang Sago Bakal Memiliki Badan Usaha Milik Nagari

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)—Nagari Koto Dalam Kecamatan Padang Sago, bakal memiliki Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG) yang bergerak dibidang pembangunan fisik dan koperasi dengan Unit Usaha Simpan Pinjam (USP). 
Hal itu disampaikan, Wali Nagari Koto Dalam Jon Aplinanda, dalam suatu percakapan di ruang kerjanya, Jum’at (17/11/2017).
Dikatakan, Jon Aplinanda, dia baru menjabat sebagai wali nagari sekitar 2 tahun berjalan. Menurut Jon, seluruh nagari dalam Kecamatan Padang Sago sudah mendapatkan kucuran dana 32 juta/tahun. Untu bidang pertanian, Koto Dalam sudah memiliki PusyantekNag (Pusat Pelayanan Teknis Nagari). 
Wadah ini nantinya  akan megumpulkan produk unggulan  nagari seperti kako hasil  pertanian masyarakat  yang nantinya akan di beli BUMNAG kepada masyarakat petani . 
Lebih jauh disampaikan, pada dasarnya BUMNAG merupakan pengganti PNPM, jadi tidak saja bergerak dibidang pemasaran hasil pertanianmasyarakat , tapi juga bisa diarahkan ke pembangunan fisik seperti pembuatan jalan dan jembatan yang sangat vital dibutuhkan masyarakat.
“Dengan adanya BUMNAG ini diharapkan perekenomian masyarakat bisa bangkit, karena hasil pertaniaan maupun peternakan mereka  sudah dibantu pemerintah nagari memasarkan, serta petani juga bisa melakukan simpan pinjam di Koperasi BUMNAG Koto Dalam, “jelasnya yang   didampingi Bendahara Nagari Yogi Saputra, S.Fil.I
Nagari Koto Dalam memiliki beberapa korong,  Korong Lapau Bayua Kampuang Lambah, Korong Durian Ambalau, Korong Lurah Parik dengan  jumlah penduduk 900 jiwa  dengan 300 kepala Keluarga (KK). 
Berbicara penduduk yang mempunyai  hak pilih 800 orang, Kantor  Nagari Koto Dalam buka dari Senin s/d Jum’at,  wali nagari dalam menjalankan tugasnya  dibantu 7 orang perangkat.(zul/amir)