Hj. Henny Yusnita : Diklat Guru Paud Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Payakumbuh Hj. Henny Yusnita, mengatakan, pihaknya bersyukur dengan adanya kegiatan diklat berjenjang bagi tenaga pendidik PAUD, tentunya Pendidikan ini, akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di kota Payakumbuh. 
“Sebagai tahap awal diklat ini, adalah pemenuhan untuk kompetensi dasar bagi guru PAUD, berharap diklat seperti ini harus berlanjut hingga tahap mahir sesuai dengan ketentuan Kementerian Pendidikan Nasional, “ujar Hj. Henny Yusnita ketika membuka kegiatan tersebut di aula Balaikota Payakumbuh, baru-baru ini.
“Untuk itu, kami berharap, diklat berjenjang pendidik PAUD ini berlanjut hingga tingkat mahir. Dan hasilnya, walaupun para guru kami tidak bergelar sarjana, namun melalui diklat ini kualitas mereka sama dengan seorang sarjana, “harap Hj. Henny.    
Program yang baru pertama kali digelar tersebut dibuka secara resmi Walikota Payakumbuh yang diwakili kepala Dinas Pendidikan,  AH. Agustion. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua HIMPAUDI,  Kabid Henny Yusnita, Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Dasril, guru-guru PAUD, pengurus Himpaudi serta undangan lainnya.
Kadis Pendidikan AH. Agustion, kepada tabloidbijak.com diruang kerjanya, Jum’at (10/11), mengatakan, pihaknya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Karena diklat ini merupakan salah satu cara peningkatan kemampuan guru PAUD.
PAUD merupakan gerbang awal untuk menciptakan generasi emas. Keberhasilan PAUD tentu tidak terlepas dari tenaga pendidiknya. Kondisi di lapangan khusus di Payakumbuh, bahwa tenaga pendidik atau guru PAUD berasal terutama dari jalur non formal, dan variasi yang beragam secara kualifikasi maupun kompetensi.
“Saat ini guru PAUD di Payakumbuh didominasi bukan dari Sarjana Strata 1 Pendidikan PAUD dan dari berbagai latar belakang pendidikan. Untuk itu melalui kegiatan inilah Pemko Payakumbuh berupaya unutk meningkatkan kompetensi para pendidik PAUD di daerah ini,” kata Agustion. (ada)