Wabup Solsel : Budaya Gotong Royong Harus Selalu Dikembangkan

BIJAK ONLINE (Solok Selatan)-Wakil Bupati Solok Selatan H. Abdul Rahman mencanangkan bulan bakti gotong royong tahun 2017 di Jorong Malus Nagari Lubuk Gadang Timur, Kecamatan Sangir, Kamis (26/10). 
Wabup mengatakan, gotong royong merupakan nilai hidup bangsa indonesia yang harus dikembalikan, dengan semangat gotong royong secara bahu membahu masyarakat menyelesaikan berbagai hambatan dan tantangan ke depan. 
Wabup menuturkan, semangat gotong royong harus selalu ditanamkan dan ditumbuh kembangkan sebagai bentuk solidaritas sosial ditengah-tengah masyarakat.
“Dengan saling bekerja sama, bahu-membahu dan tolong menolong diharapkan bisa mengurangi dan mengatasi beban hidup yang dialami sesama serta mendorong swadaya, partisipasi, dan gotong royong dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya. 
Ia menyebutkan, memang tidak mudah untuk menjalankan semangat gotong royong di tengah-tengah kecenderungan berkehidupan sekarang yang semakin individualistis dan sikap hidup yang lebih menyukai kerja sendiri-sendiri dibanding dengan bergotong royong.    
“Melalui bulan bakti gotong royong ini, kita perlu menanamkan semangat gotong royong bahkan mulai dari generasi muda kita.”  Ungap Wabup. 
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Hapison mengharapkan dengan dicanangkannya bulan bakti gotong royong ini, dapat meningkatkan akses kebersihan lingkungan,  kesejahteraan dan nilai prilaku hidup sehat dan bersih di tengah-tengah masyarakat.
Dalam kesempatan tersebut, Wabup secara simbolis menyerahkan alat-alat pendukung pelaksanaan gotong royong seperti cangkul, tempat sampah, dan sabit kepada Wali Nagari dan Kepala Jorong Malus. 
Turut hadir dalam pencanangan bulan bakti gotong royong tersebut Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Staf Ahli, OPD dilingkup pemda Solsel, Wali Nagari,  serta masyarakat setempat.- Risko/Hms