Hingga Awal 2018, DPRD Payakumbuh Bakal Gelar 8 Kali Rapat Paripurna

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—-Ketua DPRD kota Payakumbuh Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, menegaskan, untuk masa sidang III ke tahun ini, setidaknya sampai awal 2018 nanti dewan setempat bakal menggelar 8 kali rapat paripurna. 
“Hal tersebut berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan Badan Musyawarah DPRD Payakumbuh.
Ke 8 paripurna yang ditetapkan Bamus pada 11 Oktober lalu, meliputi paripurna tentang APBD 2018, paripurna penetapan sejumlah peraturan daerah, paripurna istimewa Hut Kota Payakumbuh ke 47 dan paripurna penutupan masa sidang dan masa reses III serta pembukaan masa sidang dan reses ke I tahun 2018, “ujar Yendri Bodra Dt. Parmato Alam kepada wartawan di DPRD, Minggu (22/10).
Dijelaskan YB Dt. Parmato Alam didampingi anggota Bamus Wulan Denura, kegiatan DPRD kota Payakumbuh kedepan lebih banyak untuk kegiatan rapat-rapat dalam mengambil keputusan demi kemajuan daerah.
Rapat paripurna sampai 2018 nanti, yakni dimulai pada 23 Oktober tentang penyampaian nota penjelasan Walikota Payakumbuh terhadap Rancangan APBD 2018. Pada tanggal 29 Oktober paripurna tentang penyampaian pandangan fraksi terhadap Nota Rancangan APBD 2018. Lanjut, pada 3 November  paripurna tentang penyampaian jawaban Walikota Payakumbuh atas pandangan umun fraksi terhadap Rancangan APBD 2018. 
Selanjutnya, pada 23 November paripurna terhadap pengambilan keputusan terhadap Rancangan APBD 2018. Pada 11 Desember, dilanjutkan dengan paripurna pengambilan keputusan terhadap 5 Ranperda menjadi Peraturan Daerah.
“Pada Minggu, 17 Desember merupakan paripurna  istimewa dalam memperingati Ulang Tahun Kota Payakumbuh ke 47. Menjelang akhir tahun 2017, tepatnya pada 29 Desember DPRD kembali menggelar paripurna tentang penetapan program pembentukan Perda Payakumbuh 2018.
Terkhir, atau paripurna ke 8 masa sidang ke III digelar awal tahun 2018. Yakni pada 2 Januari 2018 tentang penutupan masa sidang dan reses ke III dan pembukaan masa sidang ke serta masa reses ke I tahun 2018, “terang YB. Dt. Parmato Alam.
Sementara itu, Sekretaris Dewan kota Payakumbuh Erwan, menyebutkan, selama masa sidang ke III hingga awal 2018 nanti, DPRD lebih disibukkan untuk pembahasan tentang APBD 2018 serta pembentukan Perda lainnya. Agenda kedepan lebih fokus untuk rapat-rapat pembahasan APBD serta pembentukan Perda lainnya. 
“Kemudian ada juga kunjungan kerja ke dalam dan luar propinsi. Termasuk mendatangi masyarakat di masing-masing daerah pemilihan dalam mendengar dan menerima aspirasi masyarakat kota Payakumbuh,”ulas Erwan. (ada)