Sekitar 13 Rumah Rusak Berat Akibat Dilanda Banjir Batang Batahan Pasbar

BIJAKONLINE.COM. (Pasaman Barat)-Akibat luapan Batang Batahan, membuat  13 unit Rumah di Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan Pasaman Barat (Pasbar), rusak berat akibat terjangan derasnya arus Sungai  Batang Batahan.
“Betul ini akibat derasnya curah hujan dari beberapa hari lalu hingga minggu malam debit arir Sungai Batang Batahan meluap hingga menerjang beberapa rumah warga kita, akibatnya rusak parah,” kata Walinagari Batahan, Salamt Riadi pada media Bijakonline. com, Senin 09/10/2017.
Dikatakan, kejadian berawal dari hujan lebat mengguyur  kawasan Pasaman Barat bagian Utara, sejak beberapa hari belakangan, hingga, Minggu 08/10/2017, sekira pukul 23.00 Wib,  debit air Sungai Batang Batahan meluap, hingga rumah warga yang berada di pinggiran Sungai Batang Batahan yang berjarak sekitar 50 M dari bibir sungai rusak parah, bahksn ada juga yang hanyut hingga ppsisinya berada di atas jalan raya.
Beberapa rumah yang di hantam luapan Sungai Batang Batahan di antaranya di Jorong Kampung Baru,  Jorong Air Napal, Jorong Silayang, Jorong Simpang Tolang Baru, Jorong Paraman Sawah, Jorong Kampung Baru, dan Jorong Aek Napal.
Selain rumah waga rusak berat juga akses Jalan  Pasbar menuju Kabupaten Mandailing Natal (Sumatera Utara)  Terhambat akibat Satu Unit rumah warga berada di atas badan Jalan., kerugian diperkirakan mencapai Ratusan jutabrupiah.
Sementara salah seorang masyarakat  setempat Hen (45)menyaikan, kalau di beberapa  daerah tersebut Senin, 09/10/2017 sekira pukul 22.00 wib,  dalam keadaan  siaga, karena sungai Batang Batahan tepatnya di Jorong Aek Nabirong dan Jorong Muara Mais juga  sudah mulai meluap, apalagi kodisi cuaca, hujan masih terus mengguyur kawasan tersebut hingga malam.
Pantaua Media Bijakonline. com, dilokasi, selain masyarakat juga terlihat pihak kepolisian, Tim Reaksi Cepat BPBD Pasaman Barat, PMI, TNI  serta srkitar pukul 21.00 Wib, satu unit telah sampai di TKP untuk mengevakuasi  rumah warga yang berada di atas badan jalan.(Arafat)