Di Lima Puluh Kota, Parade Bedug Membudaya

BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)—Menyambut hari raya Idul Adha 1438 Hijriyah. Parade bedug dan Pawai obor menyemarakkan malam takbiran di Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (31/8) Malam di halaman komplek kantor bupati, Bukik Limau Sarilamak.
Agenda Rutin tahunan yang di gelar Pemkab ini, dikemas dengan aneka kegiatan, yang sifatnya mendidik dan tertib. Terlihat, ratusan pengunjung ikut terhibur dengan aksi peserta tabuh bedug itu.
Kegiatan malam takbiran ini dibuka secara resmi wakil bupati, Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan. Ikut hadir, kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis, Dandim 0306/50 Kota, Heri Sumitro, Plt Sekda M Yunus, Kepala-kepala OPD, beserta undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Ferizal Ridwan mengatakan apresiasi dan ucapan terimakasih atas terselengaranya kegiatan malam takbiran di kabupaten itu.
“Terimakasih, atas persiapan panitia menyiapkan kegiatan bedug takbir. Ini merupakan sebuah pertanda, bahwa besok (Jumat, (1/9),red) kita secara bersama-sama merayakan Hari Idul Adha dalam bentuk jiiwa berkurban,”ujarnya.
Ferizal berharap, dengan kegiatan ini, seluruh umat islam diberkati dan mendapat syafaat dalam merayakan Idul Adha. Serta mengajak seluruh masyarakat menjadikan momentum hari raya korban untuk rela mengorbankan segela yang dimiliki semata-mata ditunjukan kepada Allah SWT.
“Seperti kita ketahui, kurban merupakan  ibadah yang mengajarkan intuk rela mengorbankan apa yang kita cintai. Jadikan apa yang kita kurbankan sebagai bentuk kepedulian antar sesama dalam merayakan Idul Adha, “tambahnya.
Selanjutnya, Ferizal Ridwan juga mengajak masyarakat dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha untuk berbondong-bondong datang dan melaksanakan shalat id yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati, Bukik Limau, Sarilamak.
Yang bertindak sebagai khatib dalam Shalat Id itu yakni, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Pasaman, H Syafrizal, dan Imam shalat H Asfar Harmidi. Kegiatan sholat ini berjalan lancar, Hikmad dan tertib, nampak ribuan masyarakat memadati lokasi ini. (ada)