Dua Pelopor Kabupaten Lima Puluh Kota Ikuti Pemilihan Tingkat Provinsi

BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)—Sekolah Menagah Atas (SMA) Negeri 1 Suliki, kabupaten Limapuluh Kota, berhasil merebut juara pertama pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan se Provinsi Sumatra Barat atas nama Maiza Saputra.
“Selain Maiza Saputra, Dinas Perhubungan juga menetapkan 1 orang pelajar terbaik lagi yakni Yola Purnama Sari, siswi SMAN 1 Kecamatan Guguak, juara 2 pelopor kabupaten itu mengikuti pemilihan di tingkat Provinsi, “ujar Plt Kadis Perhubungan Lima Puluh Kota Yuniwal kepada wartawan diruang kerjanya, Jum’at (8/9).
Pelajar ini berhak melangkah ke pemilihan tingkat Nasional dan bersaing dengan perwakilan pelajar lainnya diseluruh Provinsi di Indonesia. Rencananya, pemilihan ini bakal digelar Oktober mendatang di Jakarta, 
Dijelaskan Yuniwal, sebelumnya, Pemerintah kabupaten Limapuluh Kota melalui Dinas Perhubungan telah melakukan pemilihan kegiatan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan tingkat kabupaten.
Alhamdulillah dari Dua orang yang kita utus, satu pelajar kita Maiza Saputra berhasil merebut juara di tingkat provinsi dan berhak mewakili Sumbar di tingkat Nasional, mudah-mudahan bisa merebut juara lagi di tingkat nasional. 
Berhasilnya pelajar asal kabupaten Limapuluh Kota melaju ke tingkat Nasional, menjadi kebanggaaan tersendiri bagi pihaknya, karena telah memilih siswa terbaik yang menjadi perwakilan ditingkat nasional.
 “Ini menjadi momentum terbaik bagi dinas perhubungan, karena pemilihan pelajar pelopor  yang sudah berjalan sebanyak Empat kali ini baru pertama kali dilakukan di kabupaten Limapuluh Kota, alhamdulillah keikut sertaan yang pertama ini hasilnya memuaskan,”tambahnya.
Kegiatan ini untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar dalam rangka pembentukan karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.
Peserta dari kegiatan seleksi pelajar tingkat SMK/SMA ini diuji dengan penilaian meliputi karya tulis tentang pengetahuan di bidang lalu lintas dan angkutan jalan, serta wawancara.
“Pemilihan Pelajar Pelopor juga merupakan bentuk dari sosialisasi UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu Lintas dan Angkutan, Jalan Pasal 208 ayat 1 bahwa pembina lalu lintas dan angkutan jalan bertanggung jawab membangun dan mewujudkan budaya keamanan serta keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan kepada generasi muda, “sebut Yuniwal.
Terpisah, kepala SMAN 1 Suliki Erisman, mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dishub berserta pelatihnya, dengan seriusnya siswa kami dalam mengikuti lomba itu, akhirnya menjadi yang terbaik.
“Kemudian kepada siswa kami Maiza Saputra agar selalu menjaga kesehatan dan tambah serius lagi, karena lanjutan dari juara tersebut bermuara ke tingkat nasional. Semoga menjadi terbaik lagi ditingkan Provinsi dan nasional dan dapat mengharumkan nama Lima Puluh Kota kedepan, “papar Erisman. (ada)