HNSI Padang Paraiaman Laksanakan Musyawarah Cabang

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)—Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Padang Pariaman, adakan Musyawarah Cabang (Muscab) dengan agenda Disukusi dengan menghadirkan nara Sumber,  Dra. Hilda Murni, Apt, MM (Balai Pengawas Obat dan Makanan/BPOM), Sugeng Suryono, S.ST, M.Si dari Balai Karantina Ikan Klas I BIM, Ir. Guswardi, M.Si dari Dinas Kelautan dan Perikanan prov. Sumbar, Senin (4/9/20170.
Demikian disampaikan Ketua HNSI Padang Pariaman, Anton Wira Tanjung, menyampaikan kepada Tabloidbijak, melalui relisnya, yang diterima, Selasa (5/9/2017).
Dikatakan, sekitar 104 perwkilan nelayan Padang Pariaman yang tergabung dalam 52 kelompokKelompok Usaha Bersama (KUB)  se Kabupaten Padan Pariaman berkumpul di Kantor DPRD Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka Diskusi Publik dan Musyawawah Cabang (Muscab) HNSI Kabupaten Padang pariaman. 
Diskusi tersebut dengan menghadirkan Dra. Hilda Murni, Apt, MM (Balai Pengawas Obat dan Makanan/BPOM), Sugeng Suryono, S.ST, M.Si (Balai Karantina Ikan Klas I BIM), Ir. Guswardi, M.Si (Dinas Kelautan dan Perikanan prov. Sumbar). 
Dalam diskusi tersebut dibahas tentang rumitnya pengurusan izin usaha pengolahan ikan dan Usaha garam rakyat selanjutnya juga dibahas tentang rumitnya proses pengiriaman benih ikan hidup melalui balai karantina BIM padang. 
Masyarakat nelayan juga membahas tentang tidak sesuainya bantuan dari pemerintah dengan kebutuhan nelayan. Diskusi berjalan sangat alot dan dikuti dengan antusias oleh seluruh peserta “ mereka sangat berbahagia sekali dengan sambutan yang luar biasa dari seluruh anggota DPRD kab. Padang  Pariaman, serta dalam diskusi tersebut banyak input yang diterima oleh wakil rakyat, bahkan salah satu anggota DPRD mengatakan akan memberikan Dana Pokok-pokok Pikiran beliau kepada kelompok nelayan di Sungai limau. 
Acara  ini sangat cair dan akrab yang dimoderatori oleh Plh. Ketua HNSI Padang Pariaman Anton Wira Tanjung. Setelah istirahat siang, kegiatan dilanjukan dengan Musyawarah Cabang HNSI Kab. Padang pariaman Secara aklamasi memilih Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman Faisal Arifin, S.Ip, sebagai Ketua HNSI Kabupaten Padang Pariaman Periode 2017-2023. Sedangkan Sekretaris HNSI Anton Wira Tanjung, (Birokrat) dengan  Bendahara Drs. Yoesani , Pengusaha Perikanan.
Muscab ini ditutup oleh Ketua HNSI Propnsi sumatera barat Syaharman Zanhar, S.Sos, MM dan berharap dengan terpilihnya bapak faisal arifin, maka para HNSI padang pariaman dapat melahirkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan para nelayan serta meningkatkan kesejahteraan nelayan. (rel/amir)