Lomba Kearsipan Daerah, DPK Payakumbuh Raih Harapan III Nasional

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) kota Payakumbuh Zulinda Kamal, mengatakan, kita harus puas mendapatkan Peringkat Harapan III Nasional. Meskipun demikian, ini perlu menjadi bahan evaluasi kita semua untuk memperbaiki kelembagaaan ke depan.
“Walau baru mendapatkan juara Harapan III, Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Payakumbuh menjadi satu satunya perwakilan provinsi Sumatera Barat bertarung di tingkat nasional, “ujar Zulinda Kamal kepada wartawan diruang kerjanya, Jum’at (25/8).
Yulinda menilai prestasi dalam lomba kearsipan daerah ini merupakan tolak ukur bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah kota Payakumbuh melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), khususnya di bidang kearsipan.
Pemenang Penghargaan ANRI Award 2017, kategori LKD Kabupaten/Kota Terbaik Nasional Wilayah II, juara I Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, juara II Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap, juara III Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Malang, juara Harapan I Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang, juara Harapan II Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi, juara Harapan III Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Payakumbuh.
Sementara, untuk LKD Provinsi Terbaik Nasional Wilayah II, juara I Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah D.I. Yogyakarta, juara II Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta, juara III Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, juara Harapan I Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten, juara Harapan II Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan, juara Harapan III Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu.
Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sangat mengapresiasi penghargaan tersebut. Menurutnya, selama ini bidang urusan kearsipan dianggap tidak penting, padahal sangat penting. Saking pentingnya, urusan Kearsipan ditetapkan dan diatur oleh Undang-Undang.
Semakin maju suatu negara, maka semakin baik tata kelola kearsipannya. Coba lihat Belanda, hampir 80 persen, arsip tentang Indonesia berada disana. Membaca arsip-arsip tersebut, akan menguak sejarah yang selama ini kita tak tahu.
“Irwan berharap dengan prestasi penghargaan Award 2017 dari ANRI semakin memotivasi Sumbar untuk lebih baik lagi dalam tata kelola kearsipan. Sehingga apa yg ada hari ini, bisa menjadi referensi oleh anak cucu kita di masa depan kelak, “harapnya.
Undangan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) langsung dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Payakumbuh, Ir.Zulinda Kamal dalam kegiatan Penganugerahan Pemilihan LKD  Terbaik Nasional Tahun 2017, sekaligus menerima Penghargaan sebagai LKD Terbaik Harapan III tingkat Nasional, Jumat, Minggu lalu, di Hotel Mercure Ancol Jakarta.
Penghargaan tersebut langsung diserahkan Menpan RB, Asman Abnur, didampingi  Kepala ANRI, Mustari Irawan, dan dihadiri juga Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. (ada)