Elzadaswarman : Prolanis Tidak Menular, Bisa Mengancam Siapa Saja

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Mengatasi penyakit tidak menular, sebaiknya diawali dengan tindakan dari diri sendiri. Prolanis adalah program pengelolaan penyakit kronis yaitu penyakit tidak menular yang bisa mengancam siapa saja, seperti Diabetes Mellitus dan Hipertensi. 
“Penyakit ini, bisa diatasi dengan cara berprilaku hidup bersih dan sehat dengan cara sering cek kesehatan, jaga makanan, istirahat teratur, jangan merokok, dan kendalikan stres, “ujar Kadis Kesehatan Payakumbuh, Elzadaswarman di ruang kerjanya, Rabu (23/8).
Menjaga kesehatan diri lebih utama dari pada mengobati penyakit tersebut. Maka dari itu setiap individu haruslah berprilaku hidup yang sehat dalam kesehariannya, tindakan tersebut pasti akan melindungi siapa saja dari serangan penyakit. 
Kemudian, mengurangi keparahan dan komplikasi penyakit kronis, ada tiga pesan kepada kita semua pada acara Gathering yang digelar beberapa hari lalu, di antaranya, pertama jalanilah kehidupan dengan berprilaku hidup sehat.
“Kedua segeralah bergabung dengan BPJS agar kehidupan yang kita jalani sehari-hari lebih nyaman karena adanya jaminan kesehatan yang kita miliki. Terakhir mari kita bersama mendukung program pembangunan agar kehidupan kita semakin sehat, damai, dan sejahtera, ujar Elzadaswarman.
Terpisah, kepala BPJS Cabang Payakumbuh, Yoelizar mengatakan, kegiatan Prolanis adalah salah satu program dalam JKN-KIS yang dilaksanakan BPJS Kesehatan dan juga sejalan dengan Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).
Kegiatan Promotif dan Preventif kami lakukan dengan bersinergi dengan Pemerintah kota Payakumbuh khususnya Dinas Kesehatan dibawahnya terdapat fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) seperti puskesmas dan sejumlah klinik yang ada di Payakumbuh.
“Pada Gathering Prolanis kali ini, selain acara saling tukar informasi tentang kesehatan, juga diadakan sejumlah kegiatan lainnya seperti senam bersama, pemeriksaan kesehatan bagi peserta prolanis, pemeriksaan Hb1Ac bagi penderita Diabetes Melitus, donor darah dan kegiatan promotif serta preventif inovasi bagi FKTP, “ulas Yoelizar. (ada)