Lima Puluh Kota Benar-benar Hebat, Honor Kepala Jorong Naik 100 Parsen

BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)—Dengan naiknya honor kepala jorong oleh Pemkab Lima Puluh Kota tahun 2017 ini, membuat seluruh kepala jorong kaget terharu. Seperti diungkap salah seorang kepala jorong Kociak kenagarian Situjuah Gadang, kecamatan Situjuah Limo Nagari Doni Sartika (39).

Terlihat diraut wajahnya Doni Sartika penuh kegembiraan, tak henti berujar kata syukur mendapatkan kenaikan honor/gaji sebesar dua kali lipat tahun sebelumnya. Dengan gaji sekarang, dia sudah bisa bekerja secara penuh sebagai kepala jorong.

Kepada wartawan, Rabu (19/7), Doni Sartika mengatakan, penyerahan gaji secara simbolis dari Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi di jorong kami beberapa hari lalu, sebesar Rp900 ribu/bulan, kini naik 100 persen.

Sebelumnya, kata Doni, dengan gaji Rp900 ribu, mau tidak mau perangkat nagari ini harus mencari tambahan penghasilan dari usaha sampingan lainnya. Apalagi bagi kepala jorong yang mempunyai banyak tanggungan seperti buat biaya hidup dan sekolah anak.
         
Berbeda ketika gaji kepala jorong baru sebesar Rp900 ribu, lanjut Doni. Ia harus berusaha mengerjakan usaha ekonomi lainnya buat mencukupi kebutuhan keluarganya. Dengan begitu, ada kalanya tugas dia selaku kepala jorong kadang belum terlaksana dengan maksimal, sebab kesehariannya juga tersita untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan lainnya.

Dengan naiknya honor kepala jorong, kami menilai bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi Arbi, benar-benar hebat, tidak hanya slogan. Niat baiknya untuk merobah kehidupan masyarakat kecil, terbukti. Bagi saya gaji sekarang sudah cukup memadai.

“Artinya, saya sudah bisa lebih fokus melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai kepala jorong. Sebab, saya tidak harus berusaha keras lagi mencari tambahan penghasilan dari pekerjaan pokok untuk menutupi kebutuhan sehari-hari keluarga,” ujar Doni diamini Kepala Jorong Tangah Kenagarian Situjuah Batur MA Dt. Paduko Rajo.

“Benar, dengan gaji sekarang para kepala jorong tentunya sudah bisa lebih fokus bekerja sebagai perpanjangan tangan wali nagari pada masing-masing jorongnya. Artinya, kami benar-benar siap mengabdi secara penuh sebagai kepala jorong,”ujar Dt. Paduko Rajo.
         
Kedua kepala jorong itu serentak berterimakasih kepada Bupati Irfendi Arbi yang telah menaikan gaji mereka. Menurutnya, saat ini para perangkat nagari sudah mendapat perhatian serius dari pemkab Limapuluh Kota. Buktinya, gaji para perangkat nagari rata-rata naik dalam jumlah besar.

Sebelumnya, bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, mengatakan, pihaknya berharap, dengan adanya peningkatan gaji itu ke depan para kepala jorong diharapkan benar-benar tampil menjadi pemerintahan terdepan pembangunan di nagari, harapnya. (ada)