Jumpa Pers Bupati Solok: Peran Media Sangat Besar Dalam Menyampaikan Informasi

Suasana jumpa pers Bupati Solok dengan ratusan awak media dan Kepala OPD yang ada di Kabupaten Solok, bertempat di ruang Pelangi Kantor Bupati Solok, Senin (20/3)
BIJAK ONLINE (SOLOK)-Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Solok yang ke-104 dan akan jatuh pada tanggal 9 April 2017 mendatang, Bupati Solok mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut merayakan dan mensukseskan hari jadi Kabupaten Solok tersebut. Bahkan jika selama ini hanya kalangan pemerintahan dan DPRD saja yang menikmati HUT Kabupaten Solok, maka kali ini Bupati berpesan agar semua elemen masyarakat ikut terlibat dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten bumi penghasil buah markisa ini.
Hal tersebut dismpaikan Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, pada saat menggelar jumpa Pers dengan ratusan awak media, bertempat di ruang Pelangi Kantor Bupati Solok, Senin (20/3). 
Jumpa Pers dengan Tema Festival Empat Danau ini, diselenggarakan untuk mensuskseskan HUT Kabupaten Solok. “Saya mengajak seluruh elemen masyarakat ikut terlibat dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Solok yang ke-104 ini. Jika selama ini hanya diperingati oleh kalangan pegawai dan DPRD saja, maka kali ini kita mengajak semua unsur masyarakat ikut terlibat,” ajak H. Gusmal. 
Untuk itu, kepada Camat dan Walinagari, Buapti menghimbau agar ikut menyampaikan hal ini kepada masyarakatnya. Dijelaskannya Bupati, Festival 4 Danau ini merupakan event tahunan yang telah dilaksanakan secara rutin sebelumnya. Peringatan HUT Kabupaten Solok kali ini bertajuk pariwisata “Diselenggarakannya kegiatan bertajuk pariwisata, dan juga sebagai upaya menjaga kelestarian danau, destinasi wisata, ekploitasi kuliner yang ada di Kabupaten Solok, yang tujuan hakikinya selaras dengan visi dan misi Bupati.   
Bupati menyadari, media sangat berperan penting dalam mengimformasikan setiap kegiatan ke masyarakat. “Tanpa media dan tanpa pemberitaannya, apa yang dilakukan Kepala Daerah tidak akan diketahui oleh masyarakat. Peran media sangat besar dan terimakasih kepada media yang sudah memberitakan Kabupaten Solok selama ini,” terang H. Gusmal.
Pada HUT Kabupaten Solok ke-104 ini, juga akan diselenggarakan berbagai lomba, seperti lomba Fhoto objek wisata, lomba menciptakan Mars Kabupaten Solok, lomba kesenian anak nagari seperti randai dan lomba lainnya. Bupati Gusmal juga menyampaikan masih dalam upaya mempromosikan Kabupaten Solok, seperti akan membangun  Gerai Kuliner di Taman Hutan Kota Wisata Terpadu Arosuka. 
Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yandra, SE. M.Si menyampaikan bahwa pelaksanaan event tersebut bertujuan untuk mengekploitasi dan mempromosikan potensi Kabupaten Solok di bidang kebudayaan dan pariwisatanya ke dunia luar. Untuk promosi sendiri, diungkapkan Yandra, sudah dilakukan penyebaran informasi melalui website pariwisata serta baliho dan spanduk yang telah disebar dan dipajang di lokasi-lokasi strategis di daerah Solok dan sekitarnya hingga sampai ke lokasi Bandara International Minangkabau (BIM).
“Festival 4 danau ini, merupakan cikal bakal pelaksanaan festival 5 danau yang akan digelar pemerintah Provinsi Sumatera Barat, yaitu 4 danau di Kabupaten Solok antara lain Danau Singkarak, Danau Diatas, Danau Dibawah dan Danau Talang serta ditambah satu Danau di Kabupaten Agam yaitu Danau Maninjau,” jelas Yandra. Hadir pada acara jumpa Pers tersebut, Kadis Pariwisata, Yandra, Kadis Perhubungan, Dedi Permana, Kabag Humas Devi Pribadi, Kepala KLH, Syaiful dan Kepala OPD lainnya (wandy)