Dharma Pengabdian Kepada Masyarakat Sangat Minim dan Terabaikan

BIJAK ONLINE (Padang)-Dekan Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti Padang Dr. Ir. I Ketut Budaraga, M.Si menyebutkan Dharma Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) paling minim dan terabaikan, sedangkan tenaga pendidikan Perguruan Tinggi di Indonesia wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagaimana tercantum dalam Undang Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Undang Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan.
Untuk itu, FLipMAS Wilayah Sumatera Barat (FW Minangkabau) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ekasakti Padang melaksanakan Seminar Nasional Pengabdian dan Workshop Penulisan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat yang akan diikuti para dosen dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya, diperkirakan pesertanya 400 orang, ujar I Ketut Budaraga ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/2)  kemarin.
Seminar Nasional Pengabdian dan Workshop Penulisan Proposal ini kata I Ketut Budaraga akan dilaksanakan selama 3 hari, tanggal 23 dan 24 Februari 2017 di Auditorium Universitas Ekasakti  Jl. Veteran Dalam No. 26 Padang. Kunjungan lapangan dilaksanakan tanggal 25 Februari 2017 di KEM-Tikalak, X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.
Pembicara Utama dalam Seminar ini, Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. rer.nat. Sundani Nurono Soewandhi, Reviewer Nasional PPM Dikti dan Ketua FlipMAS Indonesia, Prof. Dr. Ir. Ellyza Nurdin, M.S, Reviewer dan Ketua FW Minangkabau, PKBL Pertamina.
Fasilitator Workshop adalah Dr. Ir. Ade Djulardi, M.S.,( Reviewer Nasional Dikti), Ramaiyulis, S.Pt. M.P. (Reviewer Nasional Dikti), Drs. Iswendi, M.S., (Reviewer Nasional Dikti) dan Dr. rer,nat. Ir. Indra Junaidi Zakaria, M.Si (Ketua Program LPDP).
Seminar Nasional kali ini mengangkat tema “Membangun Kemandirian Masyarakat dengan Aplikasi Iptek Perguruan Tinggi Melalui Kolaborasi para Dosen Pengabdi Profesional Pendidik Masyarakat”, ujar I Ketut Budaraga
Ruang Lingkup Seminar Nasional Pengabdian ini adalah hasil hasil pengabdian masyarakat yang telah dilakukan Prodikmas dari berbagai bidang ilmu antara lain ilmu rumpun pertanian, teknologi, kesehatan, pendidikan, sosial ekonomi, industri dari berbagai skim pengabdian baik dari Pemerintah, BUMN dan Pihak Swasta  yang peduli terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat, begitu juga dengan Workshop Penulisan Proposal Pengabdian Masyarakat.
Tujuan kita melaksanakan Seminar Nasional Pengabdian dan Worikshop ini kata I Ketut Budaraga adalah mempublikasikan kegiatan pengabdian masyarakat hasil implementasi Iptek kepada masyarakat, bertukar pengalaman antar Prodikmas, meningkatkan daya saing proposal pengabdian masyarakat tingkat Regional dan Nasional, memperkuat kerjasama dengan stakeholder dan meningkatkan kemampuan identifikasi potensi dan permasalahan di masyarakat, tambah I Ketut Budaraga. (Ka Humas H. SYARIFUDDIN, SE, M.HUM)