Busrizen: Perkembangan olahraga Angkat Besi dan Berat di Sumbar Membanggakan

BIJAK ONLINE (Padang)-Komisaris Besar (Purn) Busrizen, SH menilai perkembangan olahraga angkat besi dan angkat berat sangat memuaskan dan bahkan bisa dikatakan membanggakan, karena di-19 kabupaten dan kota  sudah ada cabangnya.
“Kalau kita membandingkan dengan daerah lain, paling banyak ada enam atau empat cabang PABBSI di daerah tingkat duanya dan kita semua daerah tingkat dua, sudah ada cabangnya, yakni 19 cabang,” kata Kombes (Purn) Busrizen yang didampingi Komisaris PT Grafika Sumbar, Novermal Yuska SH, ketika berkunjung ke tempat latihan Family Barbell Club di Koto Kacik Kota Padang, Kamis, 19 Januari 2017.
Menurut Busrizen, dulu di Sumbar ini punya atlet yang berprestasi internasional, yakni Nanda Talambua, dan prestasi nasional, Suluhmi Hareva yang ikut PON sebnayak enam kali dan berhasil meraih medali emas. “Kini saya berharap dari Family Barbell Club, semoga lahir pula atlet atau lifter yang punya prestasi internasional,” ujar alumni pesantren Thawalib Padang Panjang ini.
Kemudian, kata Busrizen, melihat sarana dan prasarana latihan di Family Barbell Club ini, memang masih banyak yang perlu dibantu dan dilengkapi. “Tapi, sarana latihan bukan pula jaminan akan bisa melahirkan lifter berprestasi nasional dan internasional,” katanya.
Dulu, kata Busrizen lagi, para lifter Sumbar pernah berlatih di pondok-pondok di dekat rumpun batang pisang. Jadi sarana latihan seadanya seperti yang dimilik Family Barbell Culb ini sudah dikatakan lumayan, meskipun ada barbellnya dari semen cor, “Saya berharap, semangat untuk berlatih dan berprestasi, harus dinomor satukan, walaupun berlatih dengan peralatan seadanya,” ujar alumni ABA Padang ini.
DI Porprov Sumbar November 2016 lalu, kata Busrizen, semua daerah tingkat dua se-Sumbar mengirimkan atletnya. “Saya setiap bertemu dengan pak bupati dan walikota selalu berpesan, agar membantu tempat latihan atlet dengan barbell dan memang diakui harga barbell yang baik itu Rp 115 jutaan,” ujarnya.
Kemudian, kata Busrizen, diriny setuju dan bahkan siap mendukung rencana Family Barbell Club akan menyelenggarakan kejuaraan antar club se-Sumbar. “Bisa jadi juga kita laksanakan sekalian kejurda,” ujarnya lagi.(PRB)