Sekda Arfian : Pengujian Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Sangat Penting

Padang – Sekretaris Daerah Kota Padang Arfian membuka secara resmi Pengujian Emisi kendaraan Bermotor roda empat di pelataran parkir Taman Makam Pahlawan Lolong jalan S. Parman Rabu, (13/10/2021).

Sekda Arfian menjelaskan, Pengujian Emisi gas buang kendaraan bermotor roda empat ini sempat terhenti selama dua tahun disebabkan Pandemi Covid-19. Tujuan dari Emisi Gas Buang tersebut dilakukan untuk mengendalikan pencemaran udara dari sumber yang bergerak pada kendaraan bermotor roda empat.

Disamping itu untuk menurunkan beban pencemaran udara dari emisi transportasi perkotaan”, sebutnya.

Pemerintah Kota Padang terus berupaya melakukan pengendalian polusi udara bersumber dari kendaraan bermotor roda empat. Asil dari pengujian emisi gas buang akan terpantau disetiap jenis kendaraan, sekiranya ada yang perlu diperbaiki supaya tidak menghasilkan gas buang diperbaiki”, terang Sekda Arfian.

Sekda Arfian mengulas, Upaya ini perlu dilakuka terus menerus dan berkala agar pengendalian pencemaran udara dapat tersosialisasi kepada masyarakat. Kondisi gas buang ini dibuktikan melalui uji emisi kendaraan dalam bentuk uji petik ( Spot Check).

Lebih lanjut Sekda Arfian menjelaskan, Pengujian emisi gas buang terhadap kendaraan bermotor roda empat digelar selama dua hari. ini merupakan upaya untuk mewujudkan udara bersih di Kota Padang. Udara bersih itu ditandai dengan langit biru yang sangat cerah.

Diharapkan kepada warga Kota Padang dan pengemudi supaya melakukan pengujian emisi kendaraannya secara berkala”, ujarnya.

Untuk menentukan kualitas udara yang tidak baik dari kendaraan bermotor hanya bisa dilakukan dengan uji emisi secara fisik. Pemerintah Kota Padang terus berupaya pengendalian pencemaran udara baik dari segi kebijakan inovasi dan peduli terhadap pengendalian pencemaran udara”,urai Arfian.

Dalam kesemoatan ini Sekda Arfian menghimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat untuk ikut menguji emisi gas buang kendaraaan. Dengan telah dilakukan pengujian gas buang kendaraan supaya di ketahui kondisi kendaraan. Selanjutnya mengupayakan melakukan pemeliharaan berkala sehingga tidak masuk penyumbang pencemaran udara di Kota Padang.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mairizon melaporkan dilaksanalan kegiatan Emisi Gas Buang yang dihasil dari Motor roda empat. Tingkat Emisi Gas Buang kendaraan bermotor dihasil dari bahan bakar bensin, solar di jalan raya. Dan menganalisis, mengevaluasi hasil uji emisi sebagai upaya pengendalian pencemaran udara di Kota Padang.

Kegiatan Emisi Gas buang ini di gelar selama dua hari. sebanyak 1000 kendaraan Bermotor roda emapa uji Emisi Gas Buang. Hari pertama di area parkir Taman Pahlawan lolong dan hari kedua By Pass lapangan parkir Bank Nagari, ” tukuknya.