Kempo Sumbar Jaga Asa di Bumi Cendrawasih

JAYAPURA – Dihari pertama pertandingan cabang olahraga Shironji Kempo Sumbar melakoni Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, Kempo Sumbar tampil maksimal dengan tiga nomor yang dimainkan di GOR STT Gidi, Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/10).

Tiga nomor tersebut diantaranya, Randori Putri 55 kilogram, Randori Putra 70 kilogram, dan Embu beregu Putra.

Dinomor randori putra, Ari Pramanto berhasil mengalahkan kenshi asal Nusa Tenggara Timur, Irwanto. Sedangkan di randori putri, Suci Kurnia Dewi harus mengakui keunggulan tim asal Provinsi Aceh, Maisarah.

Sementara untuk embu beregu putra, Kempo Sumbar juga terhenti pada posisi ke empat.

Menanggapi hal tersebut, Pelatih Kempo Sumbar, Rudi Horizon mengatakan bahwa di nomor rondori putri masih memiliki kesempatan, sebab system pertandingannya adalah setengah kompetisi.

“Untuk hari ini kita memainkan tiga nomor, memang ada di nomor randori putri kita kalah, tapi karena system pertandingannya setengah kompetisi, jadi pertandingan kedua masih ada kesempatan untuk Suci mengejar poin,” ujarnya.

“Dan untuk Ari saya optimis dilaga besok ia bisa mempertahankan poinnya agar tidak dikejar oleh Kenshi asal NTT tersebut setelah berhasil pada pertandingan tadi,” sambungnya.

Sementara kegagalan di nomor Embu Beregu Putra, Rudi mengatakan bahwa Kenshi Sumbar sudah maksimal namun kurang beruntung.

“Untuk embu beregu putra kita sudah maksimal, atlet sudah tampilkan sesuai dengan yang dipelajari saat di Sumbar, kita kalah beruntung dari atlet-atlet provinsi lain, untuk saat ini mereka unggul dari kita, ini akan kita evaluasi lagi untuk iven-iven berikutnya,” ujarnya.

Namun dinomor yang tersisa, Rudi masih optimis akan bisa menyumbang medali untuk provinsi Sumbar.

“Kita masih memiliki banyak kesempatan di nomor yang tersisa, kita optimis Kempo Sumbar bisa menyumbangkan medali untuk Tuah Sakato,” pungkasnya. (Humas dan IT KONI Sumbar)