Lantamal II Padang dan Pemkab Pessel akan Bangun “Kampung Bahari Nusantara” di Mandeh

TABLOIDBIJAK>COM (Pessel)—–Komandan Pangkalan Utama TNI AL II (Danlantamal II), Laksamana Pertama (Laksma) Hargianto, SE.,MM., M.Si (Han) melakukan kunjungan silaturahmi ke Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Rombongan Danlantamal II disambut langsung oleh Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd dan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Apt. Rudi Hariansyah,S.Si di rumah dinas Bupati Pesisir Selatan, Kamis (8/4/21)

Pada pertemuan itu, bupati menyampaikan potensi dan gambaran wilayahnya, terutama pada potensi di bidang kelautan dan wisata.

“Kita mengucapkan terima kasih atas kunjungan Danlantamal II dan rombongan. Pemkab Pesisir Selatan siap bekerja sama terutama yang berkaitan dengan pembinaan kepada masyarakat dan informasi potensi kelautan yang ada di Pesisir Selatan,” kata Rusma Yul Anwar.

Komandan pangkalan utama TNI AL (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Hargianto dalam sambutannya menyampaikan, selain menjalankan tugas pokok angkatan laut disamping menegakkan kedaulatan dilaut, kami juga ikut membantu daerah dalam pembangunan di daerah pesisir.

” Sesuai dengan perintah dari kasal, dimana lantamal Indonesia termasuk Padang, akan mengadakan kampung bahari Nusantara Letaknya di daerah mandeh ,” katanya.

Danlantamal mengatakan kami akan bersama pemerintah daerah ikut mensejahterakan masyarakat pesisir, dengan salah suatu program unggulannya adalah melatih Masyarakat Pesisir menjadi tenaga- tenaga penyelam.

“Tujuannya yaitu, apabila ada wisatawan yang ingin nyelam , kita sudah ada tenaga-tenaga penyelam yang sudah kita latih itu, dan itu akan membangkitkan ekonomi masyarakat situ,” ujarnya.

Dia juga mengatakan selain itu kita juga membangkitkan ekonomi masyarakat daerah pesisir dengan membudidayakan ikan kerapu.

“Insyaallah dalam waktu dekat kita bersama bupati akan menggairahkan kembali budidaya ikan kerapu, kita ajak masyarakat dan kita dampingi sama-sama,”lanjutnya.

“Kita juga akan membangkitkan ekonomi kreatif yang lain, dan kita bantu mitigasi pantai, kalau ada terumbu karang, magrove yang kurang baik kita akan rehabilitas,”tutupnya.(bram)