Wakil Presiden RI Tanam Pohon Pinago di Area Pantai Kata Kota Pariaman

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—– Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, Tanam Pohon Pinago di Area Pantai Kata, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Selasa (6/4/2021). Kedatangan orang nomor dua di indonesia ini, berkaitan dengan peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman, yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat, melalui Peraturan Presiden (Perpres) No.43 Tahun 2019.

Pohon Pinago merupakan pohon asli dari Sumatera Barat, dimana varian pohon ini, banyak tumbuh di pantai-pantai yang ada di daerah Provinsi Sumatera Barat.

“Dengan menanam pohon pinago ini, kita turut melestarikan alam dan lingkungan, karena pohon yang tumbuh di pesisir pantai nantinya akan menjadi penahan agar pantai yang indah ini tidak terdampak abrasi, dan juga bisa menjadikan tempat ini menjadi destinasi wisata,” ujarnya.

Mantan Ketua MUI ini juga mengungkapkan bahwa penghijauan sangat baik dan perlu digiatkan oleh seluruh pemda yang ada di Indonesia, karana daerah kita merupakan daerah rawan bencana, sehingga perlu digiatkan dan dilestarikan.

“Pohon Pinago yang kita tanam hari ini, hendaknya dapat dirawat dengan baik, karena nantinya akan memperindah dan menjadikan pantai ini rindang, sehingga dapat menjadi tempat rekreasi bagi keluarga,” tukasnya.

“Kami juga apresiasi kepada Walikota Pariaman, yang energik dan juga genius, yang sesuai dengan namanya, sehingga kami dapat hadir berkat kegigihan beliau dalam memperjuangkan pasar rakyat kota pariaman, yang hari ini kita resmikan,” tutupnya.

Sementara itu Walikota Pariaman, Genius Umar mengungkapkan terimakasih kepada RI 2, yang telah bersedia meluangkan waktu ditengah kesibukanya untuk datang khusus ke Kota Pariaman, kota kecil dari 19 Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kunjungan pak Wakil Presiden, K.H. Ma’ruf Amin, yang sudah bersedia datang untuk melakukan beberapa rangkaian kegiatan di Kota Pariaman, mulai dari Peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman, peninjauan vaksinasi lansia di Puskesmas Kuraitaji dan penanaman pohon pinago di pantai ini,” tuturnya.

Genius Umar juga meminta persetujuan dari bapak Wakil Presiden, agar bersedia untuk dijadikan namanya menjadi nama pantai ditempat penanaman pohon pinago, yang direncanakan akan ditanam sebanyak 800 pohon ini.

“Kami sudah berdiskusi dengan aparat desa dan juga ninik mamak disini, untuk menjadikan nama Pantai ini menjadi Pantai Ma’ruf Amin, sehingga menjadi destinasi baru yang akan dikelola dengan baik, sesuai dengan yang diharapkan bapak Wapres dalam sambutanya tadi,” ucapnya yang disambut gelak tawa Wapres ini secara mengiyakan.

Hadir juga dalam penanaman pohon ini, Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan RI, Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Kesehatan RI, Jhon Wempi Wetipo, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Pandam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Hassanudin, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto, Danlantamal II Padang, Laksma TNI Hargianto, Forkopimda Provinsi sumbar, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyudin dan istri, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitrinora, dan tamu dangan lainya. (J/aa)