Mantap…Tahun Ajaran Baru Pendidikan di Pesisir Selatan Gratis

TABLOIDBIJAK.COM (Pesisir Selatan)—–Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengungkapkan bahwa mulai tahun ajaran baru 2021-2022, biaya pendidikan di digratiskan. Hal itu senada dengan visi dan misi bupati-wakil bupati Pesisir Selatan.

Bupati Rusma Yul Anwar memberi kabar gembira bagi para pelajar kabupaten pesisir Selatan. Dia menjamin biaya pendidikan digratiskan. Dan tidak ada lagi sekolah memungut biaya kepada orang tua murid.

“Ya, itu harus, karena program unggulan kami, sejalan janji kampanye peningkatan SDM,” ungkap orang nomor satu di Pessel itu pada tabloidbijak.com di Painan, Selasa 6 April 2021.

Bupati Rusma Yul Anwar menegaskan pada tahun ajaran baru 2021-2022 bulan Juli nanti, uang komite yang selama ini dibayar oleh orang tua mulai di gratis kan.

“Tidak ada lagi sekolah yang memungut uang komite lagi kepada orang tua murid,” tegasnya.

Secara terpisah Kepala dinas Pendidikan dan kebudayaan Suhendri mengatakan bahwa kita sekarang sedang tahap persiapan landasan hukum regulasi dan sistem penganggaran untuk pendidikan gratis.

“Kita sedang menyiapkan regulasi dan sistem penganggaran, untuk sistem penganggaran SD/SMP berbeda dengan SMA/SMK,” katanya. Saat di wawancarai oleh wartawan.

Kadis pendidikan juga mengatakan kebutuhan Anggaran untuk pendidikan gratis ini sebanyak 23 miliyar untuk pertahun.
Alokasi subsidi yang bakal diterima sekolah berbeda-beda, sesuai jumlah siswa dan besaran iuran uang komite.

“Dari total subsidi yang dianggarankan itu, untuk SMA sederajat sebanyak 16,5 miliyar dan sisanya untuk jenjang SD dan SMP,” katanya.

Pemerintah daerah tengah menyiapkan regulasi hibah dana pada pemerintah provinsi. Sebab, kewenangan untuk SMA, SMK dan Madrasah ada di pemerintah provinsi. Sementara kewenangan pengelolaan SD dan SMP ada di kabupaten, sehingga tidak perlu aturan hibah.

“Untuk pembiayaannya nanti kita akan upayakan pergeseran anggaran usai refocusing. Jika tidak bisa, kita bakal akomodir di perubahan,” tutupnya