Genius Umar: Memakmurkan Masjid Taggungjawab Bersama

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—-Memakmurkan mesjid bukan hanya tugas dari pengurus saja, tetapi kita semua yang beragama islam, mulai dari pemerintah, pengusaha, birokrat sampai masyarakat, karena di mesjidlah, nantinya kita dapat membentuk karakter generasi muda kita yang berilmu dan beriman, sebagai penerus estafet pembanguanan daerah kita.

Demikian antara lain penjelasan Walikota Pariaman, Genius Umar ketika memberikan sambutan pada peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, di Mesjid Raya Pauh, Jum’at malam (2/4/2021).

Genius Umar juga menjelaskan bahwa peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW yang selalu digelar tiap tahun ini, bukan hanya sebagai peringatan semata, tetapi hendaknya kita dapat menarik hikmah dan pelajaran yang didapat dari perjalanan suci tersebut.

“Peringatan Isra Mi’raj ini tentunya harus dijadikan moment sebagai perwujudan rasa syukur kita kepada Allah SWT, yang senantiasa menganugerahkan berbagai nikmat kepada kita sekalian, serta yang paling utama adalah bahwa sikap dan perilaku Nabi Muhammad SAW harus dijadikan suri tauladan bagi kita semua,” tukasnya.

“Di momen peringatan Isra’ Mi’raj ini, saya minta doanya semua agar pembangunan Kota Pariaman, dapat berjalan dengan apa yang kita inginkan bersama, sehingga nantinya masyarakat Kota Pariaman dapat behagia dan sejahtera,” ungkapnya lebih lanjut.

Terakhir Genius Umar mengajak agar kita semua mendengar tausiah yang lebih mendalam tentang isra’ dan mi’raj ini oleh Ustadz Zulkifli berharap semoga kita termasuk golongan manusia yang dapat memberikan kemanfaatan bagi yang lainnya, sehingga menjadi sebaik-baiknya manusia di hadapan Allah SWT, tutupnya mengakhiri.

Sementara itu Ustadz Zulkifli menuturkan bahwa salah satu moment dalam perjalanan isra’ dan mi’raj Nabi Muhammad SAW adalah dengan dibedahnya tubuh Nabi Muhammad sebelum diberangkatkan ke langit ketujuh, yaitu dengan mengambil hati Nabi dan dicuci dengan air zam-zam.

“Semua kepribadian kita ditentukan oleh hati, apabila hati kita baik , maka selamatlah kita, namun sebaliknya, apabila hati kita telah ternoda oleh hawa nafsu, maka akan menjadi pribadi yang tidak baik,” tuturnya.

Peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, di Mesjid Raya Pauh ini juga dihadiri oleh beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman, perantau , ninik mamak, tokoh masyarakat, Kepala Desa Pauh Barat dan para jemaah pengajian yang memenuhi mesjid raya pauh pariaman ini. Di akhir acara, pengurus mesjid dan Kadis Sosial, Afnil ditunjuk memandu dillakukan badoncek untuk membantu pengumpulan infak dan sedekah untuk membantu pembangunan Mesjid Raya Pauh Kota Pariaman (J/aa)
Kota Pariaman—Jelang peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin tanggal 6 April 2021, Walikota Pariaman Genius Umar menerima kunjungan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) RI, Tim Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan sekaligus mendampingi mereka untuk melakukan survei tentang persiapan peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman hari ini Sabtu (3/4/2021).

“Hari ini kita menerima kunjungan Paspamres dan tim Kemensetneg terkait peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 April mendatang. Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan suvei pada kegiatan yang akan dilakukan RI 2 tersebut, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar usai mendampingi tim tersebut.

Setelah beberapa kali dilaksanakan rapat persiapan oleh Panitia peresmian pasar rakyat Kota Pariaman bersama Tim dari istana negara, maka ada beberapa kegiatan yang dilakukan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin di Kota Pariaman, antara lain proses vaksinasi lansia dan calon jemaah haji Kota Pariaman, peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman dan penanaman pohon pinago.

“Ada 3 (tiga) kegiatan yang akan dilakukan RI 2 Ma’ruf Amin di Kota Pariaman. Pertama melihat langsung proses vaksinasi covid-19 bagi lansia dan calon jemaah haji Kota Pariaman yang bertempat di Puskesmas Kuraitaji Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman dilanjutkan peresmian pasar rakyat Kota Pariaman dan terakhir melakukan penanaman pohon pinago di Pantai Kata Kota Pariaman, “ tambahnya.

Seperti yang diketahui, pembangunan Pasar Rakyat Kota Pariaman yang menggunakan APBN telah selesai dilakukan awal Tahun 2021. Peresmian yang direncanakan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya diwakilkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Hingga saat ini persiapan Kota Pariaman untuk peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman sudah mencapai 80 %.

“Ini merupakan kunjungan awal RI 2 ke kota Pariaman. Dengan hadirnya RI 2 ke Kota Pariaman dalam rangka meresmikan pasar rakyat, nantinya akan memberi efek jangka panjang yang lebih baik untuk Kota Pariaman. Kita akan laporkan apa saja pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan Pemko Pariaman sehingga akan kita minta arahan langsung dari RI 2 ini untuk percepatan pembangunan berikutnya, “ terangnya.

“Pemko Pariaman dan Masyarakat sangat bersyukur dengan adanya kunjungan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Untuk mensukseskan kegiatan ini, ayo kita jaga keamanan dan kenyaman RI 2 selama di Kota Pariaman, tetap terapkan protokol kesehatan sehingga pembangunan berikutnya untuk Kota Pariaman akan bisa dilakukan lebih cepat, “ tutupnya.(dewi/aa)