Bappeda Kota Pariaman Gelar Acara Forum OPD

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—–Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pariaman, menggelar acara “Forum OPD Kota Pariaman Tahun 2021” tentang Rancangan Awal RKPD Tahun 2022 selama dua hari, yang dimulai dari tanggal 5 – 6 April 2021, dengan tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Sistem Kesehatan Daerah”.

Forum OPD tersebut dibuka oleh Walikota Pariaman Genius Umar, bertempat di Aula Balaikota Pariaman Senin (5/4/2021), dan diikuti oleh Kepala OPD dan Bagian, Sekretaris, Kabid, Kasi,Kasubag Program, Kasubag TU, Camat, dan Kepala Desa/Lurah yang ada di lingkungan pemerintahan Kota Pariaman. Hadir sebagai Narasumber adalah Kepala Bappeda Kota Pariaman Fadli.

Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) adalah, wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan, sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD provinsi dan kabupaten/kota.

Tujuan diadakannya Forum OPD ini adalah, untuk menyelaraskan program kegiatan OPD dan antar OPD, dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan, dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan untuk sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Kemudian mengsinkronisasikan pelaksanaan urusan pemerintahan daerah, untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Mempertajam indikator serta target program dan kegiatan OPD sesuai dengan tugas dan fungsi OPD, serta Menetapkan kegiatan prioritas yang akan dimuat dalam Renja-OPD.

Dalam Forum OPD tersebut Kepala Bappeda Kota Pariaman Fadli menyampaikan tentang Rencana Kerja Pembangunan tahun 2022, Capaian Program Unggulan RPJMD Kota Pariaman Tahun 2018-2023 s.d Tahun 2020,Misi-misi RPJMD Kota Pariaman 2018-2023, serta Isu-isu strategis, dan Prioritas Pembangunan Daerah Kota Pariaman Tahun 2022.

“Isu-isu strategis tersebut diantaranya adalah, Peningkatan Kualitas Pendidikan, Peningkatan Kualitas Kesehatan terutama masalah stunting dan gizi buruk, Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran, Percepatan Pemulihan Ekonomi Masyarakat, Peningkatan Infrastruktur yang Tangguh dan Berkelanjutan serta Mitigasi Bencana, Peningkatan Ekonomi dan Daya Saing Daerah, dan Pandemi Covid-19”, terang Fadli.

Selain isu-isu strategis Kepala Bappeda Kota Pariaman juga menjelaskan tentang “Prioritas Pembangunan RKPD Tahun 2022” diantaranya adalah sebagai berikut, Pertama Peningkatan Sektor Pertanian dengan meningkatkan nilai tambah sektor pertanian, Zero Lahan Tidur, dan Petani Milenial.

Kedua Peningkatan dari Sektor UMKM diantaranya melalui, Meningkatkan akses keuangan perbankan dan non perbankan bagi UMKM dan pengusahan pemula, Meningkatkan keahlian dan keterampilan bagi pelaku Industri Kecil/UMKM dan Ekraf dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk pengembangan bisnis dan perdagangan digital.

Ketiga Peningkatan Sektor Pariwisata melalui Branding Wisata Halal, Menambah daya Tarik wisata dan memperbanyak event wisata . Keempat Fokus kepada Pembangunan Program Unggulan RPJMD yang capaiannya masih dibawah 50 %.

Itulah beberapa point yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Kota Pariaman dalam acara Forum OPD Kota Pariaman Tahun 2021. Beliau berharap acara yang digelar selama dua hari ini bisa berjalan dengan lancar. (tc/aa)