Pemerintah Desa Cubadak Air Utara Gelar Acara Promosi Wisata Budaya Kampuang Silek

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—–Pemerintah Desa Cubadak Air Utara, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman menggelar acara Promosi Wisata Budaya Kampuang Silek bertempat di Laga-Laga Silek Harimau Lalok Desa Cubadak Air Utara, Kamis (1/4/2021).

Acara yang berlangsung selama lima hari kedepan mulai tanggal 1 s/d 5 April 2021 ini secara resmi dibuka oleh Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Kepala Desa Cubadak Air Utara, Aminusin Lempa.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Cubadak Air Utara, Aminusin Lempa mengatakan, hari ini Pemerintah Desa Cubadak Air Utara mengadakan acara Promosi Wisata Budaya Kampuang Silek Tahun 2021.

“Dalam acara yang berlangsung selama lima hari ini, menampilkan berbagai atraksi budaya seperti Silek Harimau Lalok Sakarek Ulu, Gandang Tasa, Silek Galombang, Tari dan Indang berkolaborasi dengan beberapa kelompok kesenian yang ada di Kanagarian Cubadak Air “, ujarnya.

Pria yang lebih akrab disapa Mak Lempa ini menuturkan, dewasa ini kesenian budaya kita telah pudar ditelan masa, maka sekarang mulai kami kembangkan kembali dengan menggelar iven semacam ini.

Dikatakannya, seni budaya yang aktif di desa kami itu ada empat kesenian diantaranya silat, gandang tasa, petatah petitih dan saluang, semua secara rutin kami giatkan tiap minggu dan dianggarkan dari dana desa.

“Dan untuk tahun 2021 ini kita juga akan mengadakan pelatihan indang tradisi kepada anak-anak muda di desa “, jelasnya.

Karena menurutnya, pelatihan tradisi indang ini biasanya hanya ada di Kabupaten Padang Pariaman saja, maka kami coba untuk melatih anak-anak kami agar paham dan mengerti dengan tradisi indang yang menjadi salah satu kesenian tradisi khas Pariaman ini “, terang pria yang juga merupakan guru tuo Silek Harimau Lalok Desa Cubadak Air Utara ini.

Aminus Lempa berharap, Pemerintah Kota Pariaman mendukung penuh segala macam bentuk kegiatan seni budaya yang ada di Kota Pariaman ini,

Kami berharap Pemko Pariaman dibawah pimpinan Bapak Genius Umar mensuport kegiatan kami ini, agar anak-anak kami lebih semangat latihannya.

Selain itu diharapkan dengan adanya kegiatan seni budaya di desa kami ini, dapat semakin terwujud Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata. “, tutupnya. (Ew/aa)