Ketua Komisi II : Sebaiknya Perizinan Disederhanakan

Padang – Ketua Komisi II DPRD Kota Padang, Yandri mengharapkan pemerintah Kota Padang mempermudah izin bagi investor yang ingin berinvestasi di Kota Padang, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

“Demi pertumbuhan ekonomi, yang paling penting adalah mempermudah investor yang ingin berinvestasi,” katanya, Senin (22/3/2021).

Investor sudah dipermudah dalam hal pemberian izin. Namun pertumbuhan investasi belum optimal.

“Saya pernah mendapat informasi, bahwa Pemko Padang melalui Dinas Perdagangan, ada pembangunan gedung pasar raya oleh lembaga swasta. Namun belum terealisasi. Mungkin syarat berinvestasi perlu disederhanakan lagi,” katanya.

Baru-baru ini, ulas Yandri, ada lagi pihak swasta yang mau berinvestasi di daerah Pasir Jambak, terkait pembangunan pariwisata. Namun lagi-lagi belum terwujud.

Yandri menilai, penyebab gagalnya rencana itu mungkin disebabkan karena terkendala pembebasan lahan. Karena pada umumnya, pembebasan lahan memang banyak belum terwujud.

Menurutnya, Kota Padang memiliki potensi pariwisata dan perekonomian. Sedangkan di provinsi lain, adalah istilah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Tidak tutup kemungkinan di Provinsi Sumbar juga diberlakukan.

“Misalnya di daerah Timur sana, ada industri menjadi KEK yang di kelola oleh BUMD. Kalau di Sumbar KEK nya seperti pariwisata,” jelasnya.