Grand Final Pemilihan Duta Genre Kabupaten Solok Tahun 2021

Arosuka – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman sikap dan perilaku positif remaja dalam pengembangan diri serta berkarakter dan berintegritas baik dilingkungan sekolah/kampus serta masyarakat, Pemkab Solok mempromosikan dan mensosialisasikan Program Genre di era industri 4.0 (era digital ), Senin (1/3/2021).

Kegiatan bertempat di Gedung Solok Nan Indah Kabupaten Solok guna melakukan kegiatan Grand Final Pemilihan Duta Genre tahun 2021.

Pada kegiatan ini turut hadir Plh Bupati Solok Aswirman,SE,MM, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati,SE, DPPKBP3a Kab Solok, Kepala SKPD terkait, Forkopimda Kab Solok, Duta Genre Kabupaten Solok 2021 dan yang terakhir Forum Genre Kabupaten Solok.

Kegiatan ini sudah sesuai dengan program Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Solok yang rutin diadakan setiap tahunnya.

Peserta kegiatan ini adalah remaja siswa/siswi, mahasiswa/mahasiswi perguruan tinggi serta karang taruna yang aktif dalam kegiatan PIK Remaja.

Jumlah peserta audisi 129 orang dan terseleksi sebagai finalis 32 orang yang sudah dikarentina selama 3 hari mulai tanggal 25 s/d 27 Februari 2021.

Tahap selanjutnya, para finalis ini akan diseleksi menjadi 10 pasang pemenang yang dibagi menjadi beberapa kategori yaitu Duta Genre Putra/Putri, Runner Up 1 Duta Genre Putra/Putri, Runner Up 2 Duta Genre Putra /Putri, Duta Harapan 1 Putra/Putri dan Duta Harapan 2 Putra/Putri

Kategori berikutnya, Duta Genre Educate Putra/Putri, Duta Genre Entrepeneur Putra/Putri, Duta Genre Entertain Putra/Putri, Duta Genre Favorit Putra/Putri dan Duta Genre Sosial Media Putra/Putri.

Dalam Sambutan Plh Bupati Solok,Aswirman,SE,MM mengucapkan terimakasih dan apresiasi pada semua pihak yang sudah berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan dan mempromosikan program Genre.

“Kegiatan ini dapat membentuk remaja Kab Solok yang berkarakter dan berperilaku positif baik di sekolah/kampus maupun ditengah masyarakat. Khusus bagi finalis Duta Genre Kab Solok 2021, saya berpesan untuk menghindari pernikahan usia dini, penyimpangan seksual(LGBT) dan penyalahgunaan narkoba,” ucapnya.

Plh Bupati berharap pada Duta Genre Kab Solok untuk selalu menjadi motivator bagi teman sebaya dan masyarakat dalam rangka meningkatkan promosi dan sosialisasi program Genre di tengah-tengah masyarakat.

“Semoga Duta Genre Kab Solok yang terpilih nanti dapat mewakili Sumatera Barat ke tingkat Nasional,” harapnya.

Tujuan dari diadakan pemilihan Duta Genre ini untuk dapat menumbuh kembangkan pusat informasi dan konseling remaja (PIK Remaja) baik pada jalur sekolah/pendidikan maupun di masyarakat. Khususnya di kampung KB dengan pendekatan ramah dan tegar remaja yang berkarakter dan Menyiapkan remaja yang berprilaku hidup sehat, berakhlak dan berbudi pekerti luhur serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.