DAK Kemenkes Rp 26 Miliar APBD 2020 Tunjang Pelayanan Medis di Kota Sawahlunto

TABLOIDBIJAK.COM (Sawahlunto) Pemerintah Kota Sawahlunto memperoleh kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam APBD Kota Sawahlunto Tahun 2020, sebesar Rp 26 miliar.

Anggaran sebesar itu sesuai juknis digunakan untuk pembelian kendaraan mobil dan sepeda motor dan penambahan peralatan kesehatan/medis di RSUD Sawahlunto

Dari jumlah itu sekitar Rp 9 Milyar digunakan untuk pembangunan Puskesmas Talawi (Tipe A) dan bangunan penunjang lainnya seperti pembangunan rumah dinas dokter dan rumah perawat di Puskesmas Talawi.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk – KB) Kota Sawahlunto Yasril, merinci pembelian E- Katalog kendaraan itu berjenis Ambulance untuk Public Service Center (PSC) sebanyak 1 unit.

Kemudian mobil Puskesmas Keliling sebanyak 2 unit dan mobil penerangan Keluarga Berencana (KB) sebanyak 1 unit.

“Selain mobil, kita juga mendapat 30 unit sepeda motor untuk puskesmas keliling. Sepeda motor ini kita serahkan kepada 6 puskesmas yang ada di Sawahlunto ini,” kata Yasril di Sawahlunto Selasa, (17/11)

Sementara untuk mobil puskesmas keliling diserahkan untuk Puskesmas Lunto dan Puskesmas Kolok.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyerahkan secara simbolis kendaraan bantuan DAK tersebut kepada masing – masing Puskesmas penerima pada peringatan Hari Kesehatan Nasional tingkat Kota Sawahlunto, Sabtu 14 November 2020 lalu menyampaikan, bahwa bantuan yang diterima tersebut harus meningkatkan kinerja dari jajaran Dinkesdalduk – KB, RSUD sampai Puskesmas.

“Apa yang telah kita peroleh dari DAK ini, pastinya harus kita jaga dan manfaatkan sebaik – baiknya untuk menunjang dan meningkatkan kinerja melayani masyarakat,” ujar Walikota Deri Asta. (hendra)