KPU Kabupaten Pasaman Terus Berbenah untuk Mematangkan Kesiapannya

TABLOIDBIJAK.COM (Pasaman)—–Sebagai panitia adhock resmi yang telah diamanahkan undang-undang untuk menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman terus berbenah untuk mematangkan kesiapannya menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 nanti.

 

Setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Senin (13/1) lalu, kini Rabu (15/1) KPU Kabupaten Pasamaan kembali melanjutkan tahapan untuk merekrut anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Pilkada nanti.

 

“Puluhan anggota PPK akan direkrut KPU Pasaman dengan komposisi lima orang perkecamatannya. Sementara kita di Pasaman ini terdiri dari 12 Kecamatan, maka KPU akan membutuhkan 60 orang PPK untuk membantu proses persiapan hingga ke penyelenggaraan pemilu, “ujar Komisioner KPU Pasaman, Eria Candra.

 

Persyaratan yang diminta KPU untuk anggota PPK adalah,warga negara Indonesia, berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi.

 

Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, tidak menjadi anggota Partai Politik, berdomisili dalam wilayah kerja PPK, mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

 

Berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas atau sederajat, tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan, tidak pernah dijatuhi sanksi pemberhentian tetap oleh KPU atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

 

Belum pernah menjabat 2 (dua) kali dalam jabatan yang sama sebagai anggota PPK pada Pemilu/Pilkada, tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu, tidak menjadi tim kampanye peserta Pemilu dan/atau pemilihan.

 

Dikatakan, kelengkapan persyaratan/berkas/dokumen surat pendaftaran calon anggota PPK, Surat Pernyataan yang bersangkutan bisa diambil di Kantor KPU Kabupaten Pasaman (Jl. A.Yani Nomor 13 A Lubuk Sikaping Pasaman.(Fauzan)