KPU Sumbar Siapkan 450 Orang Tenaga Pemeriksa Bukti Dukungan

TABLOIDBIJAK.COM (Padang)—–Untuk melakukan pemeriksaan terhadap berkas perbaikan dukungan calon perseorangan Fakhrizal-Genius, KPU Sumatera Barat sudah mempersiapkan 400 tenaga dari kalangan mahasiswa dan 50 orang pegawai.

Tenaga pemeriksa tersebut sudah dipersiapkan sejak Sabtu 25/7/2020, di sebuah hotel yang sengaja dipakai untuk menerima berkas pendaftaran dukungan, berupa KTP, B1 dukungan dan B1.1 daftar dukungan.

Komisioner KPU Sumbar Nova Indra bidang perencanaan, data dan informasi mengatakan, semua proses serta tahapan harus dilaksanakan, karena merupakan aturan baku.

“Kita sudah persiapkan 450 orang tenaga pemeriksa, yang berasal dari mahasiswa dan pegawai sekretariat KPU, agar semua bisa berjalan sesuai aturan berlaku, dan tidak ada pihak dirugikan,” ulas Nova Indra di kantor KPU, Senin (27/7/2020).

Ditambahkannya, berkas perbaikan calon perseorang akan diterima sampai 27/7, pukul 00 Wib, atau tengah malam.

Apa yang disampaikan Nova Indra diperkuat kasubag program dan data Agustian Piliang, dimana KPU secara Tekhnis IT sudah dipersiapkan agar dalam meng-upload dukungan tidak ada kendala.

“Atas perintah komisioner, kami dari tenaga Tekhnis selalu memperhatikan ITE agar tidak ada kendala dalam mengentry dukungan yang dilakukan perseorangan,” teras Agus.

Dalam memberi kemudahan perbaikan, Kabag hukum, Tekhnis dan Hupmas Aan Wuryanto, didampingi kasubag Tekhnis dan Hupmas Jumiati mengatakan, dari sejak awal masa perbaikan mereka sudah siap sesuai dengan tahapan, baik personil maupun lainnya.

“Kita tidak mau ada kendala dalam menerima berkas perbaikan, maka sejak awal kita sudah mempersiapkan tenaga untuk menerima dan memeriksa,” ulas Aan.

Ditambahkan Jumiati, tenaga pendukung tersebut sudah diberikan masukan bagaimana cara menerima dan memeriksa berkas, sehingga tidak akan ada perbedaan perlakuan dan semua tahapan berjalan baik.

“Adek-adek yang direkrut sudah diberi pelatihan bagaimana cara menerima dan memeriksa berkas, perlakuan sama sesuai aturan berlaku,” terang Jumiati.

Seperti diketahui, Senin (27/7) sampai tengah malam, merupakan hari terakhir perbaikan berkas dukungan pada calon perseorangan.(nov)