Penerima BLT Kabupaten Resah, Tuduh Wali Nagari Koropsi, Amril Pembayaran Bulan 2,3 Sedang Diporoses

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)—Masyarakat penerima dana Bantuan Langusng Tunai (BLT) Kabupaten Padang Pariaman, pertanyakan sikapn Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni yang tidak membayarkan BLT tahap dua.

Sementara BLT yang lain, seperti, BLT Provinsi, BLT DD, BLT Kemesos, sudah membayarkan bulan ketiga.  Pemda Padang Pariaman, baru membayarkan 1 bulan,  Juni 2020.

Wali Nagari Ambung Kapur Sungai Sariak, Kecmatan VII Koto, M. Zahdan  Kardimon, saat diminta komentarnya,  Kamis (23/4/2020) mengatakan, penerima BLT Kabupaten sering menanyakan, kapan turunnya dana BLT Kabupaten tersebut.

“Bahkan sudah ada ungkapan dari penerima BLT Kabupaten tersebut, walinagari mamakan dana BLT Kabupaten,” ujar Kardimon.

Ungkapan senada juga disampaikan, Sekretaris nagari Batu Kalang Kecamatan VII Koto Padang Sago, Dewi Ratna Sari, saat ditanya secara terpisah mengatakan, penerima dana BLT Kabupaten, hampir setiap hari datang bergantian ke kantor menanyakan kapan turun bantuan. Selain itu ada pula yang nelpon tiap sebentar.

Menurut Dewi Ratna Sari, BLT yang lain sudah selesai pembayaran sampai bulan ketiga, seperti BLT DD, BLT Provinsi dan BLt kemenso RI. “Hanya  BLT Kabupaten yang belum turun,” tutur Dewi.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuandan Perlindungan Anak (DSP3A) Syafriwal, saat dihubungi Selasa (21/7/2020) melalui pesan WahtsApp nya tidak ada memberikan jawaban. Begitu juga ketika ditelpon juga tidak mengangkat.

Kemudian PLT. BPKD Padang Pariaman, ketika dihubungi secara terpisah mengatakan, bahwa dirinya sudah  sudah tidak lagi menjabat Plt BPKD Padang Pariaman. Katanya, hanya beberapa hari dipercaya dan setelah itu disuruh mengundurkan diri dan fokus Pada Dinas Perizinan dan Layanan Terpadu.

“Kalau induak samang yang nyuruh mundur, tentu kita harus patuh dan tunduk, artinya, mungkin bos kurang yakin dengan kita, terhadap kepercayaan yang diserahkan,” ujar putra Sungai Geringging ini.

Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya manusia (BKSDM) Kabupaten Padang Pariaman, mengatakan, bahwa jabatan  Plt, BPKD teah diserah terimakan kepada Syafriwal yang juga menjabat Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) terhitung sejak Selasa (21/7/2020).

Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Amril, saat dihubungi  Kamis (23/7/2020) melalui pesan pada WahstApp nya mengatakan, BLt Kabupaten Padang Pariaman, untuk pembayaran bulan ke 2 dan 3, sedang diperoses pengajuannya dan.

“Kapan diturunkan dananya kepada masyarakat penerima,  nanti  saya kompirmasi  sama Kabidnya,” jawab Amril. (aa)