Mendes PDTT RI Abdul Halim Iskandar,Letakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Desa Kampung Kandang

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar, letakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Desa Kampung Kandang, Kecamatan Pariaman Timur, Jum’at (24/7/2020).

Hal ini menjadi sesuatu istimewa bagi Desa Kampung Kandang, karena peletakan kantor desanya, dilakukan orang nomor satu di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

“Hari ini kami meletakan batu pertama pembangunan Kantor Desa Kampung Kandang ini, dengan harapan nantinya, kantor desa yang dibangun dengan menggunakan dana desa ini, dapat termanfaatkan dengan baik, dan mengakomodir semua kepentingan masyarakat,” tukas Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar.

Gus Menteri panggilan akrab dari Abdul Halim Iskandar ini juga mengingatkan agar Kepala Desa dalam melaksanakan lajunya pemerintahan, harus merangkul seluruh komponen masyarakat, dan yang terpenting dapat mempertanggung jawabkan anggaran dana desa yang digunakan.

“Kita berharap dana desa yang dikelola, menyasar kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kemajuan dari desa itu sendiri, karena dana yang digunakan tersebut adalah uang dari negara, yang satu rupiah harus dapat dipertanggung jawabkan,” tutupnya.

Kepala Desa Kampung Kandang, Israrudin mengatakan bahwa bangunan kantor desa Kampung Kandang, telah berdiri sudah 50 tahun  yang lalu, dan kondisinyapun sudah tidak layak, sehingga dirinya dengan kesepakatan BPD Desa Kampung Kandang sepakat untuk merenovasi kantor desa ini.

“Selama ini kantor desa ini tetap kami manfaatkan untuk kepentingan administrasi dan pemerintahan, karena kondisi yang 85 persen sudah tidak layak pakai, karena itu kami berencana untuk merenovasi, karena kami lihat kantor desa lain yang ada di Kota Pariaman , semua sudah bagus-bagus,” ujarnya.

Israrudin juga megungkapkan bahwa pihaknya berencana akan membangun Kantor Desa ini dengan 3 tingkat, dimana nanti akan dibuat ruang anggota BPD, ruang pertemuan, ruang PKK, ruang LPM dan ruang  Kepala Dusun.

“Pembangunan ini menggunakan anggaran Dana Desa Kampung Kandang  Tahun 2020, dimana untuk Tahap pertama, akan menghabiskan waktu 45 hari kerja, dengan membanguan lantai dasar dan pondasi, untuk kelanjutanya akan dianggarkan di tahun selanjutnya,” jelasnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Menteri dan Pemko Pariaman, dimana peletakan batu pertama kantor desa kami langsung oleh seorang Menteri, yang mungkin hal ini merupakan yang pertama di Sumatera Barat, untuk itu kami sangat berbangga hati akan hal ini,” ulasnya mengakhiri.

Desa Kampung Kandang mempunyai Luas: 1,31 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk sebanyak 1.069 jiwa (2018) terdiri dari 527 laki-laki dan 542 perempuan, dan inovasi desa ini adalah dengan membangun Jembatan Pelangi, dengan memanfaatkan keindahan alam yang dimilikinya.

Peletakan batu pertama ini juga dihadiri oleh Walikota Pariaman, Genius Umar dan istri Ny. Lucyanel Gunius, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, Kapolres Pariaman, AKBP Deny Rendra Lasmana, Camat Pariaman Timur, M. Arif Gunawan. (J)