Wawako Genius Umar Tinjau Kampung “Tagok” Cubadak Mentawai Pariaman Timur

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Walikota Pariaman Genius Umar meninjau Kampung Tangguh “Tagok” Desa Cubadak Mentawai, Kecamatan Pariaman Timur, Jumat (3/7/2020). Sebelumnya Genius menanam bibit jagung bersama Kelompok Tani Cinta Damai

Menurut Genius Umar, keberadaan kampung tangguh mendapat respon positif dari masyarakat Kota Pariaman, setelah sebelumnya kita telah launching Kampung Tangguh di Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan pekan lalu,

“sekarang giliran Desa Cubadak Mentawai, Kecamaan Pariaman Timur juga ikut menyusul “, ujar Genius Umar di Kantor Desa Cubadak Mentawai.

Genius mengatakan, adanya kampung tangguh ini sangat baik, karena menjadikan warga desa disiplin menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, lingkungan menjadi aman dan terjaga.

“ Adanya kampung tangguh dapat mendorong masyarakat lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya “, tambahnya lagi.

Dikatakannya pula, meski belum semua desa/kelurahan membentuk kampung tangguh, tapi pemerintah daerah sangat mengapresiasi atas inisaitif warga yang telah membentuk kampung tangguh dengan dana swadaya mandiri ini.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman, Bripka Subur Praitno mengatakan, Kampung Tangguh “Tagok” Desa Cubadak Mentawai memiliki empat aspek yang telah dilakukan yaitu aspek kesehatan sebagai upaya memberikan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan, menyediakan rumah isolasi bagi warga yang terpapar virus, ketertiban rumah ibadah dan sebagainya.

“ Bidang sosial ekonomi, seperti sandang pangan, pertanian ladang jagung, cabe, padi dan perikanan. Aspek keamanan ialah mengaktifkan kembali pos kamling dan aspek inovasinya yaitu desa sehat tanpa judi “, ujar pria yang akrab disapa Subur ini.

Subur juga menuturkan, Kampung Tangguh adalah sebuah bentuk sinegritas tiga pilar antara Desa, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa. Sementara itu, filosofi kata Tagok sendiri menyesuaikan kearifan lokal yang maknanya yaitu kuat dan tangguh.

“ Insyaallah, pertengahan Juli 2020 nanti, kita akan launching Kampung Tangguh Tagok Desa Cubadak Mentawai yang menurut rencana akan mengundang Wako untuk meresmikannya. Sekarang kita sedang persiapan menuju kesana “, tutupnya.

Kampung Tangguh merupakan program unggulan Polda Jawa Timur, sebagai upaya melawan penyebaran virus Covid-19 mulai dari desa, kelurahan dan masyarakat sekitar. Program ini akhirnya diadopsi secara nasional dengan nama Kampung Tangguh Nusantara, karena dianggap efektif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menangkal Covid-19. (Erwin)