Pilkada Semakin Dekat, Para Balon Saling Klaim Partai, Pasangan Ramal Saleh-Rustam Dulu Selangkah

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)—Pilkada Padang Pariaman, sudah semakin dekat. Para Balon saling klaim partai. Balon Perseorangan dulu selangkah. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman, sedang melakukan Ferfikasi Faktual, terhadap dukungan persorangan dari tanggal 27-10 Juli 2020.

Suhatri Bur yang kini menjabat Wakil Bupati Padang Paraian, ketika dihubungi Senin (29/6/2020), mengatakan belum berani mengkalaim, bahwa dirinya telah mendapat partai pendukung. Dari informasi yang berdear di lapangan, Suhatri Bur yang bakal berpasangan dengan Rahmang, Kadis Pendidikan dan Olahraga Padang Pariaman ini, sudah mengantongi 12 kursi partai.

Adapun partai yang diperediksi oleh pengamat Pilkada Padang Pariaman, Muslim Zein, Suhatri Bur, sebagai Ketua PAN Padang Pariaman, pasti akan mengusung Wakil Bupati Padang Pariaman ini, (7 kursi) ditambah PDI-P (2 kursi) dan Nasdem (3 kursi). Total 12 kursi.

Ketika ha l ini disampaikan kepada laki-laki yang tidak suka gembar gembor ini, belum mau menjawab dengan tegas. “Maaf ya, saya tidak mau mengklaim, bahwa saya telah mendapat partai pendukung seperti anda sampaikan.

“Lihat saja nanti, kalau sudah mendaftar ke KPU Padang Pariaman pada jadwal ditetapkan, baru saya mengatakan. Tapi kalau sekarang, masih belum. Saya ini kan orang surau maju karena Allah, SWT,” ujar Suhatri Bur.

Kemudian H. Refrizal yang dihubungi secara terpisah, mengatakan, mengakui telah ada komunikasi dengan unsur Pimpinan Partai Gerinndra di Jakarta. Benar kita berharap Gerindra dan PKS bisa bersatu untuk mengusung, H. Refrzal-Happy Neldi.

“Tetapi sampai kini, kata Refrizal, belum ada pertemuan kedua Ketum Gerindra dan PKS dan kita selalu melakukan komunikasi dengan inten,” tutur Refrizal dibalik gagang teleponnya.

Apabila itu benar  berarti Refrizal-Happy Neldi telah mengantongi 11 kursi. Partai Gerindra 7 kursi dan PKS 4 kursi. Balon lain yang sudah santer disebut di lapangan Tosriadi-Idarus Salam dengan partai pendukung, PKB (4 kursi) PPP (4 kursi) dan Hanura (1 kursi). Artinya, Tosriadi-Idarus salam sudah dinyatakan aman untuk maju dalam Pilkada Padang Pariaman.

Saat dihubungi melalui HP androidnya, mengatakan, sedang rapat. “Maaf ya saya lagi rapat. Nati saya hubungi kembali,” ucapnya. Ttapi sampai berita ini diturunkan tidak pernah ada teleponnya masuk.

Dari tiga Balon diatas, sudah 32 kursi ada yang punya. Tinggal lagi, Partai Golkar (4 kursi) dan Partai Demokrat (4 kursi). Kemudian satu satunya, balon yang berasal dari Bundo Kandung, Hj. Endarmy, ketika dihubungi mengatakan, sebagai orang yang ikut membesarkan Partai Nasdem di Sumbar dan mengaku dekan dengan Ketum Surya Paloh, memastikan Partai Nasdeem bakal mendukungnya.

“Biarkan saja kalau sudah ada orang yang mengklaim mengaku sudah mendapatkan Partai Nasdem. Tunggu saja hari mainnya, anda melihat kejutan Endarmi yang bakal berpasangan dengn dokter, H. Zunirman. Saya tidak akan menyebutkan partai apa yang akan bersanding dengan Nasdem,” ulas mantan Anggota DPRD Sumatera barat ini.Mhd Yusuf Sikumbang, ketika ditanya, mengatakan akan naik dengan Partai PKB dan Partai Golkar dan berpasangan dengan mantan Wakil Bupati Padang Pariaman, putra VII Koto Drs. H. Damsuar Dt. Bandaro Putiah. “Inshaa Allah, kami akan diusung oleh PKB dan Golkar,” Jawab putra Sungai Limau yang mengaku sedang berada di kota minyak Pekan BarMaymusfi yang selama ini, merupakan calon yang diunggulkan oleh Porbi Padang Pariaman ini, ketika ditanya, mengatakan, sudah mengklaim bakal naik dengan Partai PKB. “Inshaa Allah dan mohon dengan dari masyarakat Padang Pariaman, saya bisa berkompetisi dengan Balon lain,” ungkap laki-laki yang mengaku sedang main tenis lapangan saat dihungi.

Ketika ditanya dengan siapa berpasangan Maymusfi masih rahasiakan. “Oh soalpasangan tunggulah, jangan tergesa-gesa. Tentu kita harus cari Wakil yang koperatif dan punya keridibelitas, ada tokoh, takah dan punya dukungan dari masyarakat. “Kita tidak gegabah memilih pasangan,” ulas putra Kampung Dalam ini.

Ketua Partai Demokrat Padang Pariaman  Januar Bakry, ketika diminta komentarnya tentang Partai Demokrat. Kata Januar, belum ada yang pasti diusung oleh Partai Demokrat, karena kami tetap berdpedoma kepada hasil survei. “Belum ada yang pasti untuk didukung,” tukuk Januar.

Kemudian Try Suryadi yang akrab disapa dengan Wali Feri, ketika dihubungi tidak mengangkat. Walaupun nada dering tanda masuk ada. Wali Feri, disebut bakal berpasangan dengan Rahmat Hidayat, pengusaha muda yang sukses di kota minyak Provinsi Riau.

Dar hitung-hitungan di atas, apabila para Balon bisa berbagi partai dan tidak monopoli membeli semua partai seperti Pilkada periode lima tahun lalu. Bakal terdapat 4 pasang Calon yang diusung partai politik dan 1 pasang calon indenpenden perseorangan Ramal Saleh-Rustam.Ramal Saleh didampingi Rustam dalam wawancara husus di hotel berbintang di Padang, pada hari yang sama menatakan, berharap hasil Ferfvikasi KPU yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan baik dan sukses sesuai dengan tahapan yang yang sudah ditetapkan.

“Kita berharap bisa ditetapkan oleh KPU Padang Pariaman, sebagai Calon Bupati Padang Pariaman. Inshaa Allah, kita akan penuhi seluruh prosedur yang ditetapkan oleh KPU sebagai pelaksana Pilkada. Secara tidak langsung, “awak” sudah maju satu langkah dari rekan-rekan yang berharap maju dengan dukungan Partai Politik,” kata pengusaha eksportir ini yang diamini oleh Rustam.

Nama Balon Lain yang sudah santer disebut bakal mamu pada Pilkada Padang Pariaman, Ade Adrian. Jauh hari telah mengkalaim bakal maju dengan Partai Gerindra Padang Pariaman. Kemudian Purnawirawan Jendral Chairul Akbar, disebut bakal berpasangan dengan Yohanes Wempi dan mengkalim bakal diunsung oleh PKS, Nasdem dan PPP.

Ketua DPD Golkar Padang Pariaman, Syahrul Dt. Lung ketika ditanya, Balaon mana bakal di usung “Kayaknya, Ketua DPD Golkar Sumbar terkesan dnegan Tosriadi-Idrussalam “Kami mengikuti kepetusan wilayah,” tutur Datuk Lung(aa)