Ketua IBI Kota Pariaman Eva Yulia Delwita, Bakti Sosial Meringankan Beban Ibu Hamil

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Memperingati HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-69 tahun 2020, IBI Kota Pariaman laksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka meringankan beban keluarga kurang mampu terdapat ibu hamil dan menyusui.

Bakti sosial ini telah berjalan sejak Sabtu, (27/6/2020) hingga puncaknya dilaksanakan Senin (29/6/2020), sekaligus dalam mendukung peringatan Hari Keluarga Nasional ke-27 tahun 2020.

Ketua IBI Kota Pariaman, Eva Yulia Delwita, Senin (29/6/2020), mengungkapkan ini merupakan upaya dalam berbagi dan mengunjungi para ibu hamil dan balita ekonominya lemah atau kurang mampu, sebenarnya hal ini telah dijadwalkan sejak Maret 2020. Namun karena Pandemi Covid-19, baru bisa terlaksana sekarang.

Untuk tahun ini, sambung Eva, kegiatan yang kita laksanakan diantaranya memberikan bantuan peralatan persalinan  kepada Ibu Hamil, pemberian makanan tambahan kepada balita  anak balita yang keluarganya kurang mampu, paket sembako bagi ibu hamil dan menyusui keluarga yang kurang mampu.

” Semoga bisa meringankan sedikit beban sosial ekonomi sosial Ibu Hamil dan menyusui yang kurang mampu di masa Pandemi Covid-19 dan dengan sosialisasi dan diskusi yang kita adakan mampu menekan angka kematian ibu dan bayi di Kota Pariaman pasca persalinan,” ujar Eva.

Adapun kegiatan lainnya yakni membantu layanan KB di empat Puskesmas, pemeriksaan IVA tes yang dijadwalkan nanti pada bulan Juli dan Agustus 2020 namun beberapa orang telah kita mulai, serta silaturrahmi bersama senior dan pengurus IBI  terdahulu.

Selain itu, menurut Eva, IBI Kota Pariaman juga siap mendukung, membantu dan melayani akseptor KB (seperti pemasangan implan, iud, pil KB dan kontrasepsi) di fasilitas-fasilitas kesehatan dan praktek mandiri bidan untuk mensukseskan pelayanan KB serentak program sejuta akseptor dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-27 tahun 2020.

Dalam memberikan layanan KB, IBI Kota Pariaman juga bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan KB (DP3AKB) Kota Pariaman dan Dinas Kesehatan Kota Pariaman.(Fadli)