Wako Genius Tampil Sebagai Nara Sumber Dalam Web Seminar Melalui Vidcon

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Walikota Pariaman Genius Umar, tampil sebagai nara sumber dalam webinar (web seminar) melalui video conference (vidcon) di rumah dinas Walikota Pariaman, Sabtu (27/6/2020). Webinar tersebut mengangkat tema “Dinamika Politik Lokal Sumatera Barat dalam Kehidupan New Normal”.

Genius Umar mengatakan dengan telah berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan telah masuknya pada fase New Normal, gerakan secara fisik untuk melaksanakan Pilkada ini sangat terganggu.

“ Disamping itu, berbagai ketentuan PSBB mengatur kita tidak boleh berkerumun serta berkunjungpun tetap menggunakan protap PSBB dan  tentu pilkada ini akan terganggu prosesnya karena situasinya sangat berbeda dengan Pilkada sebelumnya “, ujarnya.

Sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat corona virus disease 2019 (Covid-19),  kemudian Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 mengenai penundaan pemungutan suara serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal penyelanggaraan pemilu.

“ Pemerintah bersama DPR dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyepakati untuk menggelar pilkada di 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota ditahun ini “, jelasnya.

“ Penyelanggaraan setiap tahapan pasalnya akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dengan ketat. Tahapan ini dimulai pada tanggal 15 Juni 2020 dan pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 9 Desember 2020 “, sambungnya.

KPU sebagai penyelanggara pemilu harus benar memastikan keselamatan pelaksana pemilu dengan  melindungi keamanan masyarakat sesuai standar protokol Covid-19.

“ Keselamatan dan kesehatan jiwa mereka haruslah diprioritaskan, anggaran tambahan harus digunakan untuk membeli masker, Alat Pelindung Diri (APD), sarung tangan, pelindung wajah dan cairan desinfektan guna tidak memperluas penyebaran virus “, imbuhnya. (rika)