Kepala SDN 19 Kota Pariaman Azral Malvinas Serahkan Siswa Kelas VI Kepada Ortu

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)— Kepala Sekolah SDN 19 Kota Pariaman Azral Malvinas menyerahkan kembali siswa kelas VI SDN 19 secara simbolis kepada orang tua/wali murid dan menyambut siswa baru kelas satu di SD tersebut. Penyerahan dan penyambutan dilaksanakan Sabtu (27/6/2020).

“Sekolah sudah menyelesaikan pekerjaannya dari jenjang SD, maka kembali hak asuh atau hak pendidikan diserahkan kembali ke orang tua, untuk dilanjutkan ke tahapan lebih tinggi ke jenjang SMP. Pada acara ini sekaligus kami laksanakan penyambutan terhadap siswa kelas satu yang baru bergabung,” ungkapnya.

Simbolis penyerehan siswa dan penyambutan siswa baru disaksikan langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Yurnal, Ketua Komite SDN 19 Kota Pariaman Mahyareti dan Pengawas gugus satu Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman kartini serta seluruh orangtua/walimurid kelas enam SDN 19 Kota Pariaman.

“Penyerahan dan penyambutan siswa baru pada era new normal ini kami laksanakan tetap berpedoman pada protokol kesehatan layanan. Penyerahan dan penyambutan kita bedakan waktu pelaksanaannya sehingga tidak terlalu ramai. Penyambutan siswa baru ini dilaksanakan bertujuan untuk memperkenalkan kepada orangtua/walimurid seperti apa dan bagaimana SDN 19 Kota Pariaman, agar semua walimurid/orangtua bisa faham dan mengerti ketika bergabung dan menitipkan anaknya di sekolah, “ tambahnya.

Azral melanjutkan, pemerintah daerah melalui Disdikpora telah menganggarkan baik melalui dana BOS maupun beasiswa, untuk mendorong orang tua siswa dan peserta didik terus bersemangat melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Kota Pariaman Yurnal saat memberikan sambutan mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada SDN 19 Kota Pariaman yang telah bersedia mengadakan kegiatan ini.

“Ini kegiatan baru dan pertama di Kota Pariaman. Meskipun di tengah pandemi covid-19 namun kita tetap harus menjaga agar selalu menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan dan itu telah dilakukan oleh pihak sekolah sebelum acara ini dimulai, “ ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Yurnal juga menjelaskan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Pariaman terhadap dunia pendidikan seperti adanya program sagasaja (satu keluarga satu sarjana), bantuan keuangan khusus kepada SMA/SMK yang menyekolahkan warga Kota Pariaman sehingga masyarakat Kota Pariaman yang anaknya bersekolah di SMA/SMK tidak dipungut biaya bulanan langsung dari orangtuanya namun telah dibantu oleh Pemerintah Kota Pariaman dan kartu pariaman pintar.

“Untuk 2 (dua) kegiatan pemerintah telah berjalan sampai saat ini, sementara untuk kartu pariaman pintar akan kita launching pada awal Bulan Juli ini. Ini merupakan bantuan beasiswa kepada anak – anak SD dan SMP di Kota Pariaman yang belum mendapatkan beasiswa dari kartu indonesia pintar, “ terangnya. (dewi lestari)