UMKM Kota Sawahlunto Gandeng Marketplace Raih Pasar Online

TABLOIDBIJAK.COM ( Sawahlunto) Kerjasama pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sawahlunto dengan marketplace Kakodai.com akan diluncurkan (launching) pada Senin, 01 Juli 2020 mendatang. Sebanyak 11 pelaku UMKM sudah terdaftar dan siap diorder produknya melalui aplikasi Kakodai ini, sementara 47 UMKM lagi akan didaftarkan juga setelah Kakodai ini diluncurkan.

Mematangkan persiapan peluncuran Kakodai ini, dilakukan rapat koordinasi bersama Pemko Sawahlunto dengan sektor/bidang – bidang yang terlibat. Rapat yang dipimpin langsung Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti didampingi Wakil Ketua Dekranasda Sawahlunto Ir Hj Neldaswenti Zohirin, M.Si itu diselenggarakan Rabu 24 Juni 2020 di Balaikota Sawahlunto.

Wakil Walikota Zohirin Sayuti berpesan agar gerakan UMKM ‘Go Digital’ dengan toko online Kakodai.com ini bisa disiapkan dan dikerjakan dengan optimal. Sehingga hasil yang diperoleh pun, terutama bagi para pelaku UMKM yang bekerjasama dapat maksimal juga.

“Memang ini zamannya sekarang, aktifitas jual – beli sudah umumnya beralih pada sistem online. Sekarang itu bisa ditangkap UMKM Sawahlunto melalui kerjasama dengan Kakodai ini. Maka itu, kita selaku pemerintah yang memfasilitasi kedua pihak ini, mari kita membantu menggarapnya dengan serius dan maksimal,” ujar Wakil Walikota.

Hal senada disampaikan Ketua Dekranasda Sawahlunto, Ny. Neldaswenti Zohirin yang menyebutkan bahwa peluang sangat besar menanti pelaku UMKM Kota Sawahlunto jika sudah masuk dalam ranah jual – beli online (digital) ini.

“Apalagi di masa tatanan normal baru produktif dan aman dari Covid – 19 sekarang ini, menjadi momen peningkatan pertumbuhan aktifitas belanja online masyarakat. Peluang inilah yang jangan kita sia – siakan. Kita tangkap melalui Kakodai ini,” kata Ny. Neldaswenti.

Dari segi pengelola marketplace ini yaitu tim Kakodai, kata Ny. Neldaswenti juga merupakan anak – anak muda Sawahlunto yang jago IT dan mampu membuat program/aplikasi komputer maupun android. Sehingga kerjasama ini adalah kolaborasi Sumber Daya Manusia (SDM) asli Sawahlunto.

Rapat tersebut juga diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sawahlunto, dr. Ambun Kadri. Dari jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dihadiri Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop), Marwan. Kemudian jajaran OPD terkait lain, beserta 2 orang perwakilan tim Kakodai.